Kebersamaan dan kesetaraan dalam perilaku Wisata Ramah

Tempat wisata Bogor kampung agro kerbau

Kebersamaan dan kesetaraan dalam gerakan Wisata Ramah

oleh : Ade Zaenal Mutaqin

Wisata ramah adalah sebuah perilaku manusia dalam pembangunan dan aktivitas pariwisata yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan yang berkelanjutan. Kebaikan yang berkelanjutan tidak sebatas untuk kebaikan manusia sebagai puncak tertinggi dari ekosistem, terlebih di miliki oleh sebagian golongan atau kelompok manusia yang memiliki kekuatan modal, kekuatan mempengaruhi dan mengendalikan, serta kekuatan membeli sumberdaya manusia pariwisata. Namun, kebaikan berkelanjutan adalah upaya manusia dalam memanpaatkan sumberdaya alam, budaya dan kearifan lokal untuk diwariskan pada generasi selanjutnya dalam dunia pariwisata

Salah satu perilaku dalam wisata ramah adalah membangkitkan kebersamaan dan kesetaraan dalam aktivitas pariwisata, baik dalam pembangunan ataupun kegiatan wisata. Kebersamaan dalam wisata ramah adalah upaya masyarakat pariwisata untuk bekerja dan berkarya berdasar pada nilai-nilai gotong royang yang menjadi akar dan penciri bangsa Indonesia. Pembangunan pariwisata itu bukan sebatas hanya tanggung jawab pemerintah atau pengusaha pariwisata, namun pembangunan pariwisata menjadi tanggung semua elemen masyarakat pemilik budaya, pemilik pesona alam, pemilik kearifan lokal dan pemilik adat istiadat.

Kesetaraan dimaknakan bahwa masyarakat disekitar Obyek dengan Daya Tarik Wisata memiliki hak yang sama, meliputi hak perencanaan, hak pengelolaan dan kebijakan berupa keputusan dalam pembangunan maupun dalam pengelolaan dengan para pihak lainnya. Kesetaraan pun di ukur pada nilai-nilai profesionalitas dan kontribusi seseorang atau masyarakat dalam aktivitas wisata maupun pembangunan pariwisata.

Suatu ketika Konfusius berkata, “Aku ingin engkau pergi bersamaku dan menyamaratakan sepenuhnya kekaisaran ini”. Sang pelayan menjawab: “kekaisaran tidak dapat disamaratakan; di sini ada pegunungan-pegunungan yang tinggi, di sana ada danau-danau dan sungai-sungai. Jika pegunungan-pegunungan tinggi harus diratakan, maka burung-burung dan binatang-binatang buas tidak memiliki tempat tinggal; jika danau-danau dan sungai-sungai itu harus ditimbun sampai penuh, maka ikan dan kura-kura tidak mempunyai lagi tempat berenang; jika kita menghilangkan raja dan para bangsawan, maka akan banyak terjadi perselisihan tentang benar dan salah di antara rakyat; sedang jika kita menghapuskan budak dan pelayan, maka siapa yang akan melayani para pangeran?” (Sumber: Richter, 1987: 221)

Baca Juga : Membangun Indonesia-ku dari Desa dengan Wisata Ramah

Tempat wisata Bogor kampung agro bogor
Tempat wisata Bogor, kampung agro bogor dengan nilai wisata ramah

Wisata ramah adalah sebuah gerakan untuk pariwisata yang berkelanjutan dan berkeadilan dengan mengusung 3 pilar utamanya yaitu berkah pada masyarakat di sekitar ODTW, selama ini keberkahan masyarakat hanya di ukur secara ekonomi, seperti pengusaha akan merasa cukup ketika ia dapat memberikan manfaat kepada masyarakat secara ekonomi dengan dijadikan nya masyarakat di sekitar ODTW sebagai buruh pariwisata, atau penusaha merasa hebat ketika ia memberikan sumbangan CSR di tempat sekitar masyarakat bermukim, ditempat dimana kebudayaan, kearifan lokal dan keramah tamahan masyarakat di jual kepada wisatawan. Padahal sesungguhnya masyarakat adalah pemilik kebudayaan, pemilik kearifan lokal dan pemilik keramah tamahan yang menjadi obyek pariwisata.

Pilar kedua adalah keberkahan terhadap alam dan lingkungan, dimana alam dan lingkungan yang asri merupakan warisan untuk masa depan harus dikelola secara keberlanjutan (sustainable development). Adanya exploitasi alam / lingkungan dan yang terkandung didalamnya untuk kepentingan pariwisata secara ekstrem yang mengakibatkan perubahan ekologi dan sosial itu merupakan pembangunan pariwisata yang tidak ramah. dan pilar ketiganya bahwa semua pemilik (stakeholder) mendapatkan manfaat dan di untungkan dari pariwisata secara berkeadilan.

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Di gugusan Pegunungan Halimun banyak terdapat pesona alam yang indah yang dibalut budaya, adat istiadat dan kearifan lokal yang masih dianut. Management pariwisata di gugusan Halimun di kemas oleh masyarakat dalam konsep tatakelola Desa Wisata, seperti Desa Wisata Malasari, Desa Wisata Kiarasari, Desa Wisata Tapos-1 dls. Untuk dapat berkunjung ke Desa wisata dalam gugusan Halimun, anda dapat menghubungi HOTLINE kami.

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata