Jambore Wisata Ramah ; Halimun-Salak untuk generasi mendatang

tempat wisata camping ground bogor jawa barat

Jambore Wisata Ramah ; Halimun-Salak for the next Generation

Jambore Wisata Ramah 2018 yang akan digelar pada bulan Februari 2018, bertemakan “Halimun Salak untuk generasi mendatang” bertempat di Camping Ground Curug Ciputri, Desa Wisata Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor dengan acara utamanya yaitu 1. Penanaman 20.000 pohon dan talkshow konservasi 2. Camping bersama, Adventure dan wisata air terjun 3. Heleran Seni dan Budaya, dan 4. Pameran produk masyarakat dan Desa Wisata.  Kegiatan yang terbuka untuk umum ini di selengarakan oleh Wisata Halimun, Koperasi Rizki Barokah Gunung Salak, GenPI Bogor, Komunitas Pendaki Bogor dan Komunitas Pecinta Seni (KOMPENI) Politeknik Media Jakarta.

Bagi kelompok masyarakat, organisasi, komunitas, lembaga sekolah / Universitas maupun perorangan yang akan ikut serta dan terlibat dalam Helaran Jambore Wisata Ramah 2018 dapat mendaptarkan diri pada formulir dibawah ini, atau menghubungi ketua Panitia di nomor 0857-7331-9991 (Rino Rafsanjani)

Formulir Pendapataran Jambore Wisata Ramah 2018

Tentang Jambore Wisata Ramah (Overview)

Aktivitas manusia dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak ataupun zona penyangganya harus dapat menjaga lingkungan hutan agar tetap lestari, serta memberikan kebermanfaatan pada aspek kehidupan sosial, ekonomi, budaya hingga kearifan lokal masyarakat yang diselimutinya. Kesadaran, keterlibatan dan komitmen para pihak untuk melakukan aksi secara bersama pada lingkungan dan hutan agar tetap lestari adalah keniscayaan. Oleh karenanya, “Penanaman 20.000 pohon dalam Jambore Wisata Ramah 2018 merupakan upaya bersama dalam menjaga dan merawat kekayaan biodiversitas di sekitar lerengan barat Puncak Salak-2 dan zona-zona penyanggaanya untuk diwariskan pada generasi mendatang”.

Dalam hal ini, tiga kunci utama yang diharapkan dalam kegiatan Jambore Wisata Ramah 2018 yaitu kesadaran, keterlibatan, dan komitmen masyarakat, pelaku wisata serta pemangku kebijakan untuk bersama menjaga hutan dan kekayaan biodiversitas yang berada di tebingan barat Puncak Salak-2 agar tetap lestari, dan memberikan kontribusi terhadap penambahan tutupan pohon di zona-zona penyangga Taman Nasional Gunung Halimun Salak Desa Tapos-1, untuk keuntungan lingkungan dan masyarakat sekitar.

Tema Kegiatan ; Halimun-Salak untuk Generasi Mendatang

Tema yang diangkat dalam kegiatan Jambore Wisata Ramah 2018 adalah “Halimun-Salak untuk generasi mendatang” atau “Halimun-Salak for the next generation” dalam padanan bahasa inggris.dalam forum-forum dunia telah banyak membahas upaya dalam melestarikan lingkungan dan hutan tropis sebagai bentuk kekayaan untuk di wariskan pada generasi mendatang. Begitupun dengan sistem-sistem kearifan lokal yang diwariskan secara turun temurun yang memiliki kebijaksanaannya sendiri dalam menjaga hutan untuk diwariskan untuk generasi mendatang. Hutan dan kekayaan biodiversitas yang berada dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, serta tutupan pohon yang menyebar di zona-zona penyangga nya merupakan kekayaan yang saat ini diamanahkan kepada kita. Sebuah keniscayaan untuk dapat menjaga amanah dengan cara merawat dan memanpaatkan sebagian hutan dan kekayaan yang terkandung didalamnya dengan tetap mengusung nilai-nilai kerberlanjutan lingkungan dan hutan agar tetap lestari.

“Membangkitkan pariwisata Indonesia dari desa wisata harus berpijak pada keberpihakan alam, lingkungan, sosial, ekonomi, budaya dan kearifan lokal masyarakat yang menyelimutinya, pun harus dilakukan secara harmonis, berlandaskan kerendahan dan keikhlasan hati serta kebijaksanaan pikiran untuk bergerak dan bertindak dalam prinsip-prinsip Wisata Ramah.”

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Hubungi Hotline Kami di nomor 0857-8000-2200 (Erik Prasetya)  atau nomor 0857-7331-9991 (Rino Rafsanjani) untuk mendapatkan gambaran secara detail kegiatan Jambore Wisata Ramah yang berlaku untuk umum ini.

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata