Atraksi pariwisata berbasis budaya dan lokalitas

Bogor, wisata Halimun – Di samping keindahan alam dan perilaku masyarakatnya, budaya dan seni merupakan salah satu modal utama kepariwisataan dalam gugusan gunung Halimun. Ujung tombak seni dan budaya sebagai modal kepariwisataan adalah seni tradisonal, seni tradisional merupakan salah satu daya tarik utama yang cukup di gemari.

Di perkampungan-perkampungan Desa Wisata Malasari dan desa-desa dalam gugusan Halimun memiliki banyak seni tradisi berupa tari, musik tradisional, budaya dolanan anak yang masing-masing memiliki jenis bervariatif dengan karaternya sendiri yang unik.

Seni tradisional di perkampungan-perkampungan desa Malasari dan di desa-desa dalam gugusan Halimun disajikan secara kebiasaan masyarakat setempat untuk kebutuhan adat maupun untuk helaran dalam upacara-upacara masyarakat, seni yang ada masih bersifat turun temurun.

Heleran seni yang didasarkan atas upacara-upacara ritual adat memiliki pesonanya tersendiri, tumpah ruah berbagai jenis kesenian itu di tampilkan dalam heleran budaya adat seren taun dls, namun ada juga yang atas inisiatif pengelola desa wisata sendiri untuk menyajikan beberapa kesenian tradisional sebagai atraski wisata budaya. Nilai yang mulai dikembangkan di Desa wisata Malasari merupakan nilai tradisi yang berjalan beriringan dengan wisata yang kini makin digemari oleh masyarakat dan penikmat wisata budaya.

Kata kunci : seni, budaya tempat wisata, paket wisata, perjalanan wisata, obyek wisata, desa wisata, wisata alam, ekowisata, destinasi wisata, penginapan, camping ground, flying camp, taman nasional

Seren Taun

Ungkapan rasa syukur tahunan kepada Tuhan

Seren taun merupakan manifestasi luapan rasa syukur kepada Tuhan maha kuasa yang telah memberikan kesuburan & berkah panen melimpah pun di iringi permohonan agar kelak dimasa depan akan datang hasil panen jauh berlimpah. Heleran budaya tahunan ini telah menjadi daya tarik wisata budaya masyarakat adat dalam gugusan Halimun

Baca lebih lanjut

Tutunggulan

Awalnya merupakan seni komunikasi dan sosialisasi

Talu-taluan dalam daluang menjadi untaian simpony yang menawan sekalipun tak beraturan, itulah karya benturan alu dengan lesung yang dimainkan perempuan Desa Wisata Malasari selayaknya mereka sedang melakukan prosesi penumbukan padi. Seni tutunggulan saat ini menjadi atraksi wisata dengan tidak meninggalkan fungsinya.

Baca lebih lanjut

Dogdoglojor

Aura magis dogdoglojor mekhidmatkan suasana

Kesenian yang dulunya dianggap penuh magis dan pelengkap upacara sakral, saat ini dogdoglojor dilakukan dengan penuh kegembiraan & menjadi hiburan yang meriah dengan muatan yang dipertunjukan mengandung nilai-nilai kebudayaan dan pendidikan. dogdoglojor kerap di pertunjukan pada wisatawan penikmat wisata budaya

Baca lebih lanjut

Gendang

Alat musik tradisional sebagai atraksi wisata

Alat musik tradisional yang kerap di pertunjukan terhadap wisatawan dan menjadi atraski wisata adalah Kendang atau kendhang. Di desa wisata Malasari, salah satu Instrumen dalam gamelan Sunda yang fungsi utamanya mengatur irama serta terbuat dari kayu nangka, kelapa dan kulit kerbau ataupun kambing ini kerap sebagai media interaksi atraksi kesenian dalam paket-paket wisata Halimun lembur experience.

Baca lebih lanjut

Degungan

Interaksi seni sebagai atraksi wisata budaya di Halimun

Degung merupakan sekumpulan alat musik tradisional suku sunda untuk mengiringi seni tari, jaipongan, wayang dan kreativitas budaya sunda lainnya, istilah degung dapat dikatakan sebagai gamelan pun sebagai nama laras. Di Desa wisata malasari dan perkampungan lainnya dalam gugusan Halimun, degungan kerap di pertunjukan pada upacara-upacara sakral seperti seren taun dan pernikahan pun sebagai atraksi wisata.

Baca lebih lanjut

Seni Permainan anak

sebagai interaksi seni dalam paket wisata HALE

Permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak lokal seperti egrang, congklak, gasing kayu, dls merupakan daya tarik wisata di perkampungan-perkampungan Desa Wisata Malasari, wisatasan dapat turut berinteraksi serta ikut terlibat permainan tersebut. Dalam paket Halimun lembur experience, hal ini merupakan salah satu bentuk interaksi seni budaya selain interaksi bertani dan berkerajinan.

Baca lebih lanjut