Paket wisata Live IN 4D3N di kampung wisata Cibuluh Desa Kiarasari

Paket wisata di kampung wisata Cibuluh

Paket wisata kampung wisata agro Cibuluh ; Dalam program bertajuk Live In berdurasi 4 hari 3 malam akan dilakukan di Kampung Agrowisata Cibuluh Desa Wisata Kiarasari. Secara umum keadaan tofografi Kampung wisata Agro  Cibuluh merupakan daerah dataran rendah dengan ketinggian antara 700 s.d 1000 Mpdl, suhu rata-rata 26,5 °C – 30 °C. Memiliki karakteristik masyarakat nya bertani kebun, bersawah, bertani hutan dan kerap mengisi waktu luangnya dengan membuat beberapa bentuk kerajinan, terutama kerajinan yang bermaterial dasar bambu.

ITINERARY PAKET WISATA Live IN 4D3N

“ Dalam Paket Live In ini akan menyertakan program Pawon Experience (pawan padanan dalam bahasa sunda yang berarti dapur), dimana bentuk kegiatan pawon experience ini semuanya akan berpusat di dapur, walaupun sebagaian besar kegiatannya dilakukan diluar rumah, namun itu semua untuk mendukung kerberlangsungan aktivitas dapur, hal ini karena secara tradisi semua aktivitas masyarakat petani seperti berkebun, berkerajinan itu akan diakhiri di dapur,  beberapa karya seni dan kerajinan tercipta karena aktivitas dapur seperti seni tutunggulan, kerajinan boboko dls. ” PAKET KAMPUNG WISATA CIBULUH –

Paket wisata kampung wisata Cibuluh Desa Wisata Kiarasari
Muatan Pawon Experience dalam paket wisata di kampung agrowisata Cibuluh

Deskripsi Paket wisata kampung Cibuluh 4 Hari 3 Malam

NOMOR PAKET:HALE-4D3N.17 | download brosur
KEGIATAN: HALE LiveIN
DURASI:4 Hari 3 Malam
DESTINASI: Hutan Halimun dan Kampung Wisata Agro Cibuluh
AKOMODASI: Rumah penduduk (konsep keluarga angkat)
MIN PAX:30 orang
INVESTASI:Kirimkan Penawaran

ITINERARY PAKET KAMPUNG WISATA CIBULUH

Hari Pertama : Welcome to kampung wisata Cibuluh

  1. Macangkrama
  2. Berkerajinan

Abstraksi : Bercengkarama dalam nuansa kekeluargaan sambil menikmati kudapan khas setelah melepas lelah perjalanan dari Jakarta ke kampung Cibuluh dalam sesi mimitran. Kegiatan selanjutnya adalah berkerajinan,  pada sesi ini akan diawali dengan ngirat (membersihkan, memotong dan mengukur) sebilah bambu, maka dimulailah sesi berkerajinan. Pada sesi ini kelompok laki-laki akan membuat karya anyaman berupa bubu, kempis dan jejer awi, sementara perempuannya membuat hihid, boboko dan asepan. di sela-sela proses kerajinan berlangsung, beberapa peserta perempuan melakukan interaksi rumahan dengan membuat kudapan khas seperti beuleum sampe, Comro, Misro dls)yang selanjutnya disajikan pada semua peserta disela-sela berkerajinan. Setelah sesi kerajinan berakhir dan acara santai peserta pun tidur malam.

Seperti kebiasaan penduduk di kampung Cibuluh yang terbangun pada jam 4.30 pagi hari dengan aktivitas pribadinya, pun peserta akan mengikuti jejak perilaku penduduk dan dilanjutkan sesi macangkrama di dapur. (Mancangkrama adalah satu interaksi dipagi hari sambil makan kudapan dengan merencanakan aktivitas yang akan dilakukan sepanjang hari kedua, perilaku mancangkrama bagi penduduk Cibuluh merupakan bercengkrama dengan keluarga dan tetangga sekitar rumah pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas).

Aktivitas Macangkrama pada Halimun Lembur Experience merupakan sesi berbagi pengalaman dan perencanaan. Dalam sesi ini, tuan rumah akan menginformasikan aturan lembur dan aturan kegiatan untuk di ikuti selama kegiatan hari kedua berlangsung yaitu lelewengan (adalah aktivitas pergi ke Hutan untuk mencari sumberdaya hutan seperti bambu, rotan buah-buahan hutan dls.) “Welcome to the junggle”, mungkin inilah tema yang mewakili gambaran aktivitas di hari kedua kegiatan dengan mengajak peserta telusur hutan untuk menyadap pohon aren (Arenga pinnata).

Hari-2 : Get your adventure

  1. Lelewengan
  2. Ngalahang
  3. Membuat gula aren

Abstraksi : Dengan berbekal lodong bambu, peserta diajak menelusur jalanan setapak dibawah rimbunnya formasi tajuk tegakan guna mencapai area yang ditumbuhi banyak pohon aren. Tibalah di tempat yang dimaksud, lelah dan dahaga akan terbalas oleh tegukan demi tegukan segarnya nira yang sudah diturunkan dari pohonnya, sambil menikmati lahang dan sejuknya hutan, peserta diperlihatkan proses “ngalahang” secara adat, setelahnya baru diajak berdiskusi tentang morfologi tumbuhan beserta kegunaan lain yang dapat diambil dari pohon tersebut. Dengan menggendol lodong berisi lahang, tibalah peserta di rumah yang ditinggali, lahang dalam lodong-pun segera dituang kedalam sebuah koali besar yang sudah disiapkan sebelumnya untuk dimasak menjadi gula aren. Selanjutnya peserta membantu keluarga anggkat untuk menyiapan membuat makanan berbuka puasa. Pada malam harinya, peserta melakukan kegiatan ringan keluarga hingga mereka dengan tidur malam.

Hari-3 : Get your Experience

  1. Bersawah
  2. Pawon Experience
  3. Berkesenian

Abstraksi : Seperti di hari pertama kebiasaan penduduk Cibuluh di pagi hari hingga tibalah keluarga angkat mengajak anak-anak angkatnya untuk kesawah, pada sekitar bulan Mei, diprediksi  pesawahan di kampung wisata Cibuluh senang panen atau membajak sawah.

  1. Ketika padi sedang panen, maka peserta akan melakukan aktivitas panen dengan cara menngunakan etem atau ani-ani (sebuah alat untuk mengambil padi secara tadisional)
  2. Ketika sawah setelah panen usai, peserta akan di ajaka Ngawaluku dan ngagaru, Ngawaluku ada proses pembajakan sawah dengan menggunakan kerbau.

Pada siang harinya, peserta laki-laki  akan melakukan aktivitas mengambil tutut dan belut disawah  sementara peserta perempuan akan menyiapkan kudapan tradisional seperti nasi ketan, Beulem cau lahang dls yang disesuaikan dengan keadaan pada saat itu. Tutut dan belut  hasil tangkapan disawah pun oleh peserta perempuan di masak dan disajikan sebagai makanan ringan atau lauk penambah makan malam.

Hingga malam datang, peserta akan mengikuti kegiatan kampung pada bulan mei yang kemungkinan pemuda-pemudi desa banyak melakukan aktivitas bermain belecon (adalah permainan tardisional yang terbuat dari bambu, jika di nyalakan akan mengeluarkan suara kencang), hingga peserta kembali ke rumah untuk tidur malam

Hari-4 : Yuk bermain !

  1. Berkesenian
  2. Ngabedahhken Balong
  3. Bermain permainan tradisional
  4. General Review dan sayonara

Abstraksi : Seperti hari biasa di pagi hari, hari terakhir kegiatan Live In, peserta akan banyak menghabiskan waktu di sekita rumah seperti bermain egrang, berkesenian tradisional atau sebatas membuat kudapan hingga kembali pulang ke Jakarta, Sayonara

BIAYA dan FASILITAS

Untuk anggaran paket Wisata LiveIN dikampung wisata Cibuluh silahkan menghubungi Erik Prasetya di Nomor +62 857-8000-2200, pembiayaan tersebut sudah termasuk :

  • Penginapan di rumah penduduk kampung wisata Cibuluh
  • Makan 10 x dan break 8x
  • Fasilitator dan Guide tour
  • T-shirt Halimun Lembur Experience
  • Asuransi perjalanan dan dukungan medis

GET YOUR EXPERIENCE

Ngawaluku sawah

Kampung wisata Agro

Panen padi

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism