Wisata agro di persawahan terasering 1001 undak

Bogor, Wisata Halimun – Pesawahan yang membentuk sistem berundak terlihat menjadi bentangan pahatan wajah bumi nan indah, keunikan alam yang mengagumkan buah karya dari teknologi kearifan lokal. Itulah amazing terasering yang dikelola secara apik dan rapih dengan sistem tradisional. Sawah yang ditanami dengan varietas pare gede telah menjadi obyek wisata karena keindahannya.

Terasering merupakan bangunan konservasi tanah dan air secara mekanis. teknologi pertanian ini sudah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu di nusantara. di wisata halimun, teknologi terasering yang membentuk pesona keindahan lansekap dengan budidaya dan perilaku pertanian yang diatur oleh sistem kearifan lokal telah menjadi daya tarik wisata agro dan wisata budaya. Enjoy the Heart of Java ecotourism

Keywords : tempat wisata, paket wisata, perjalanan wisata, obyek wisata, desa wisata, wisata alam, ekowisata, destinasi wisata, penginapan, camping ground, flying camp, taman nasional

Terasering 1001 undak

Pahatan bumi karya leluhur

Pesawahan tersering karya leluhur masyarakat Malasari tempo dulu ini memiliki nilai estetika dan karya seni yang tinggi, teknologi pesawahan terasering itu tercipta dari buah pikir nilai-nilai kearifan lokal di masa lalu. Dengan berlatar gunung salak yang menjulang dan mempertontonkan terbitnya mentari di pagi hari seakan setiap lekukan teraering itu memiliki daya magis yang menghipnotis jiwa dan mata. Terasering Malasari laksana pahatan bumi yang tidak akan anda ditemukan di Bali !.

Baca lebih lanjut

Sigagur yang dilingkar hutan

Terdapat lumpur hidup

Kampung pertama dari gerbang Taman Nasional itu dilingkari hutan Halimun, pun pesawahan yang berada didalamnya berbatasan langsung dengan pepohonan yang bertajuk rapat. ketika Anda berada tepat ditengah pesawahan Sijagur, akan terasa aura wisata agro yang begitu kental bersentuhan dengan tarikan wisata petualangan hutan. di ujung Barat pesawahan yang tertata apik itu terdapat area yang ketika area itu di injak anda akan merasakan sensasi gempa 6.2 Skala Richter, itulah Ranca  (Red : lumpur hidup) yang masih misteri.

Baca lebih lanjut

Garung dan Hanjawar

Pesawahan yang mempesona

Akan terlihat warna kuning keemasan terhampar pada bulan November ketika bulir-bulir padi mulai menua dan anda akan merasakan sejuknya warna hijau berpadu padan dengan warna kehitaman-hitaman humus tanah yang subur pada saat musim tanam tiba, itu ada di bulan april. Pesawahan yang terlihat dari kampung Hanjawar maupun kampung garung ini berhias bebatuan besar dengan undakan undakan yang sangat rapih, itulah terasering kp. Garung dan Hanjawar yang mempesona.

Baca lebih lanjut