Dusun Malani ; Lanskap arsitektur peninggalan Belanda

Bogor, Wisata Halimun – Dusun Malani yang lebih populer dengan sebutan rumah tokyo merupakan sebuah perkampungan di tengah perkebunan Nirmala Agung, bergaya arsitektur yang unik, deretan 32 rumah yang berdiri sejak jaman Belanda itu berbahan material kayu dan bambu yang dianyam, sederhana namun apik, rapih dan terlihat sangat menarik. Berada dalam luasan 3.700 M2, rumah Malani ditinggali oleh komunitas masyarakat yang kesehariannya bekerja di perkebunan teh Nirmala Agung.

Tradisi memperingati tahun baru islam pada tanggal 1 Muharam setiap tahunnya sudah menjadi rutinitas helaran budaya religi warga dusun Malani yang kebanyakan di dominasi oleh suku sunda. Pagelaran calung, angklung, gondang dan degung menjadi atraksi berkesenian yang meriah sekaligus menghibur ketika upacara peringatan tahun baru islam berlangsung.

Malani adalah sepenggal kisah dusun tua peninggalan kolonial belanda yang masih tersisa di bumi nusantara untuk diabadikan sebagai sebuah karya budaya lanskap arsitektur yang tak berbatas usia.

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

GET YOUR EXPERIENCE

Dilatari gunung Halimun

Arsitektur tak berbatas usia

Sebagai tempat wisata agro desa