DESA WISATA TAPOS - 1, menyibak peradaban tua di situs Cibalay

Sebuah tumpukan batu besar dari situs megalitikum yang sangat mempesona di Desa Wisata Tapos  -1  berada di ujung puncak bukit. Adalah situs Cibalay, merupakan punden berundak dan tatanan batu datar pipih dengan menhir di kiri kanannya yang diduga berasal dari tahun 2000-3000 SM, Situs Megalitukum Cibalay memiliki 7 situs yaitu situs Endong Kasang, situs Balekambang, situs Arca Domas, situs Jamipaciing, situs Batu Gores, situs Pasir Manggis dan situs Cipangantehan.

Di Desa Wisata Tapos satu terdapat Setu Kigandul, merupakan danau buatan yang berada di tengah kawasan camping ground yang bernuansa aroma pinus. Inilah salah satu daya tarik camping ground Tenjolaya. Berada di tengah-tengah kawasan hutan pinus dengan tingkat kerapatan vegetasi yang masih dapat di masuki cahaya matahari. Disebelah utara camping ground, terdapat air terjun yang terkenal dengan Curug Ciputri, perjalanan menuju Curug Ciputri dapat ditempuh sekitar 30 menit dengan menelusur jalanan setapak dan membelah hutan pinus. Curug Ciputri memiliki dua susunan ngarai dengan air berwarna hijau tosca. Curug Ciputri masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Treking menembus Hutan, menelusuri jalanan setapak dari camping ground Ciputri menuju peradaban tua situs Cibalay dapat memakan waktu tempuh sekitar satu jam. Sepanjang perjalanan anda akan diperlihatkan sembilan (9) curug berair jernih yang meluncur sangat indah dari tebing-tebing disekitar Hutan.

Jika lelahmu menggelayut di sudut-sudut kota
dan tubuhmu meminta lelap disebuah desa  berselimutkan kabut
yang berhiaskan pesona keramah tamahan sang empunya,
Dengan menghubungi kami, itu keputusan bijakmu….!
Wisata Halimun 2017

Marketing Management

Feel the heart of Halimun Ecotourism

 

  1. Baca Juga : Paket Wisata camping di Ciputri Desa Wisata Tapos-1 
  2. Baca Juga : Paket Wisata camping Keluarga 
  3. Baca Juga : Tempat camping di Bogor yang berlatar hutan pinus dan berhiaskan air terjun

Plesiran ke Desa Wisata yuk !

Pesona Desa Wisata Tapos

Kawasan situs Cibalay

Kawasan situs Cibalay merupakan lokasi situs megalitik batu Cibalay berupa punden berundak Menhir dan batu tegak / kubur dalam penempatan dan susunannya yang tidak terarah pada satu sudut. Kawasan situs terdiri dari situs keramat endong kasang, situs Balekambang, Situs Arca Domas, Situs Jamipaciing dan situs Pasir Manggis dengan bentuk, type dan ukurannya berkisar antara 2000-3000 SM.

Baca lebih lanjut

Surga Air Terjun di Bogor

Pesona Curug Ciputri

Pesona air terjun Ciputri ini di temukan pada tahun 2011, berair sejuk dengan ekosistemnya yang masih terjaga dengan baik, Curug Ciputri merupakan bagian dari perkemahan Ciputri, Jalur menuju air terjun kerap digunakan para wisatawan dan penggiat alam bebas untuk mendapatkan sensasi treking ketika camping di kawasan perkemahan Ciputri

Baca lebih lanjut

Camping Ground

Camping Ground Ciputri

Merupakan danau buatan, berada dalam kawasan camping ground dan disajikan dalam keindahan pegunungan yang sejuk nan asri serta suasana hutan pinus yang menawan karena langsung berbatasan dengan kawasan taman nasional gunung Halimun Salak, berada di kecamatan Tenjolaya yang menawarkan pesona wisata terpadu dengan menyuguhkan paket wisata petualangan.

Baca lebih lanjut

Pesona Curug Cipetey

Pesona Curug Cipetey

Bebatuan yang menghiasi tebing-tebing Curug Cipetey berwarna coklat keemasan, sebagiannya merah bata berlumut, patahan-patahan batu yang tersusun secara alami, tertata apik menyemburkan air diantara selanya, hal itu menambah kesan magis yang seolah pada zaman dahulu kala itu adalah pemandian para putri kerajaan pajajaran yang bermukim di gugusan hutan Halimun.

Baca lebih lanjut

Grand Canyon Bogor

Pesona Grand Canyon

Aliran sungai berkelok dengan tebing menjulang tinggi menjadi pembatas alam Pasir Gaok, Desa Gunung Malang dengan dan Kampung Cibalay, Langitnya dihuni oleh kelalawar yang berterbangan di antara lorong-lorong. Pun dipenuhi sorotan cahaya mentari pagi yang menembus rapatnya tajuk tegakan, lalu menyinari tebing kecoklatan berhiaskan Sphagnum Alga Salaka.

Baca lebih lanjut

Pesta Curug

20 Curug ditemukan

Sepanjang perjalanan menuju Air terjun Curug Padalarang, di pojokan-pojokan batu yang berbatas dengan aliran sungai, mengepul asap tipis dari kerasnya bebatuan yang menghiasi sepanjang aliran sungai. Kepulan asap yang tersembul tipis dari kerasnya bebatuan itu di karenakan dinginnya bebatuan yang tersorot oleh hawa hangat mentari pagi terbit dari arah barat.

Baca lebih lanjut