Merasakan sensasi petualangan air di Desa Wisata Malasari

Kegiatan wisata air yang terpavorit di Desa Wisata Malasari salah satunya adalah Curug Pi’it yang memiliki ketinggian + 70 meter, curahan airnya yang sejuk berwarna hijau tosca membentuk kolam besar berdiameter 10 meter dengan kedalamnya mencapai empat meter.

Karena Desa wisata Malasari wilayahnya dikelilingi oleh dua aliran sungai besar yaitu sungai Cikaniki dan sungai Cidurian dengan puluhan anak sungai yang melintas didalamnya, maka selain curug pi’it masih terdapat 20 curug lainnya yang memiliki karakteristik yang beragam seperti curug Macan, Curug Cisarua, Curug Cikeris, dll. Semua air terjun tersebut menyebar dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan Nirmala Agung yang pada umumnya terbentuk karena terjadinya patahan kulit bumi sehingga aliran air terpotong dan membentuk loncatan.

Selain menikmati keindahan lompatan air terjun, dibeberapa curug dapat pula melakukan aktivitas air seperti shower climbing ataupun berpetualangan menelusuri derasnya arus dengan tubing atau sebatas susur sungai.

Menikmati wisata air Desa Wisata Malasari bukan sebatas datang, berkunjung dan melihat lompatan air yang jernih, namun juga harus mengenal dan menemukan. Menemukan perbedaan dari suatu aliran di suatu spot dengan tempat lain. Hingga Anda dapat temukan keistimewaannya, selamat berpetualang dalam paket paket wisata Halimun.

Kata kunci : tempat wisata, paket wisata, perjalanan wisata, obyek wisata, desa wisata, wisata alam, ekowisata, destinasi wisata, penginapan, camping ground, flying camp, taman nasional

Wisata Curug Piit

Dihuni burung pipit

Konon menurut cerita, dinamakan curug pi’it itu karena disekitar air terjun banyak dihuni burung pipit. Curug pi’it memiliki ketinggian berkisar + 70 meter, curahan airnya yang sejuk berwarna hijau tosca membentuk kolam besar berdiameter 10 meter,  berada di ceruk yang memisahkan hutan Hanjawar dan hutan si Kabayan.

Baca lebih lanjut

Wisata Curug Sawer

Air terjun pemberi jodoh

Sawer dalam padanan bahasa Sunda adalah memberikan uang dengan cara dilempar. Air terjun yang berada di kampung Malasari ini dinamakan curug Sawer karena terdapatnya mitos yang berkembang pada masyarakat sekitar bahwa jika seseorang melemparkan koin ke dalam kubangan curug sawer dipercaya se pelempar uang tersebut akan segera mendapatkan jodohnya.

Baca lebih lanjut

Wisata Curug Nyunclung

7 lompatan air terjun

Curug Nyunclung memiliki tujuh lompatan air terjun, tingkat terbawah merupakan curug yang paling extrem serta menantang karena tebingnya sangat curam dan lompatan airnya yang tinggi. Setiap level lompatan air terjun memiliki karakter dan keunikannya masing masing. Vegetasi yang padat di sekitar curug di diami oleh hewan liar dengan dan banyak terdapat angrek hutan.

Baca lebih lanjut

Wisata Leuwi Bombang

penghuninya satwa endemik

Leuwi dalam padanan bahasa sunda artinya kubangan atau kolam pemandian. Leuwi bombang, dikenal juag sebagai curug batu ngampar adalah spot air sungai yang tenang, berdiameter 12 M yang membentuk kubangan dengan hamparan batu diatasnya dengan kemiringan 40 derajat. Disekitar leuwi dihuni oleh burung Endemik pulau Jawa dan banyak aktivitas satwa liar lainnya.

Baca lebih lanjut

Wisata Curug kecapi

dua lompatan air

Curug dengan dua terjunan air jernih yang jatuh menimpa batu-batu besar itu dikenal dengan sebutan curug Kecapi. Lingkungan sekitar curug tertutup vegetasi yang sangat padat serta banyak di huni satwa-satwa liar. Di namakan curug kecapi dimungkinkan pada zaman dahulunya banyak terdapat pohon kecapi yang tumbuh dan mendominasi di sekitar air terjun ini.

Baca lebih lanjut

Wisata Curug Pasakan

View nya terasering

Curug Pasakan mempunyai dua lompatan air terjun dengan kolam besar berwarna hijau tosca sebagai pemandian alam. Air yang mengalir dari curug ini digunakan sebagai sumber pengairan sawah-sawah penduduk. Dengan pemandangan sawah terasering, curug pasakan memiliki karakter berbeda dengan air terjun lainnya yang berada pada kawasan Desa wista Malasari, uyee…..

Baca lebih lanjut

Wisata curug Walet

penghuninya burung walet

Dinamakan curug walet karena di sekitar air terjun tersebut banyak di huni burung walet yang bersarang dalam goa-goa pun banyak satwa-satwa liar yang hidup di sekitar kawasan curug walet. untuk mencapai curug tersebut, wisatan akan melewati pesawahan, menembus hutan alam dan menyebrangi anak sungai dan akan seru ketika camping di curug walet, uyeee…!

Baca lebih lanjut

Wisata Curug Cikeris

Laksana elukan keris

laksana keris yang memiliki beberapa eluk-an, Curug Cikeris mempunyai tingkatan-tingkatan terjunan air dengan karakteristik unik setiap tingkatannya berada disekitar hutan alam yang masih sangat alami dan lansekap yang indah. Dengan aksesibilitas menuju curug yang cukup menantang, air terjun ini banyak di minati oleh wisatawan penggemar wisata petualangan.

Baca lebih lanjut

Wisata Curug Macan

Bukan macan penghuninya

Dengan debit yang tidak terlalu keras dan airnya masih jernih, Curug macan yang berada dalam kawasan Cikaniki research centre dan canopy trail Halimun, dilengkapi oleh dek dan sheltar serta jalur menembus belantanta yang relatif mudah untuk dilewati. Sungai Cikaniki yang berada tepat didepannya merupakan tempat wisata air yang banyak di renangi oleh wisatawan.

Baca lebih lanjut

Wisata Leuwi Bajing

ada sarang waletnya

Curug bajing berada di sekitar hutan alam dimana masih banyak terdapat satwa-satwa liar seperti lutung, owa, makaka, babi hutang, rusa, dan macan yang masih berkeliaran di sekitar curug. begitupun dengan Curug Walet, dinamakan curug walet karena terdapat goa sarang burung walet di balik curug tersebut. kedua air terjun tersebut berada di Desa Wisata Malasari

Baca lebih lanjut

Wisata di sungai Cikaniki

Anak sungai Cisadane

Sungai menuju Curug Walet merupakan hulu Sungai Cikaniki anak sungai Cisadane, airnya sangat jernih. sementera itu Curug Macan setinggi 7 meter yang berada dalam kawasan Cikaniki research center. Gemuruh yang gagah akan mulai terdengar ketika anda berada di atas batu besar sungai Cikaniki ataupun Curug Macan dalam  petulangan wisata air di Desa Wisata Malasari.

Baca lebih lanjut

Wisata di Sungai Cidurian

Tubing di sungai Cidurian

Desa Wisata Malasari secara administrasi berada di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Secara alami desa ini diapit oleh dua aliran sungai, yaitu Sungai Cikaniki dan Sungai Cidurian. Wisatawan yang ingin menghabiskan waktunya untuk bermain asik bersama air di sungai Cidurian menuju hulu nya dapat  mengikuti paket wisata Halimun Adventure Journey.

Baca lebih lanjut