Gugusan Halimun sebagai destinasi wisata alam terbaik di tanah Jawa

Bogor, Wisata Halimun – Inilah Halimun yang mempesona untuk kegiatan wisata, wilayahnya membentang dari provinsi Banten sampai ujung selatan Jawa Barat. Hutan Halimun yang kerap diselimuti halimun (kabut dalam bahasa sunda berarti halimun) serta bukit-bukit yang mengitarinya, sedang memeluk hangat peradaban tua dengan budaya sunda wiwitannya yang agung.

Pada zaman kolonial, konservasi dilakukan pemerintahan Hindia Belanda guna kepentingan mempertahankan sebuah kawasan hutan dan peradabannya, pun difungsikan sebagai tempat peristirahatan dan rekreasi alam bagi orang-orang europe saat itu, salah satunya adalah kawasan yang berada di gugusan gunung Halimun. Oleh pemerintah Indonesia, saat ini Halimun dijadikan sebagai kawasan konservasi alam dan pariwisata.

Di Halimun terdapat potensi pariwisata alam yang mempesona seperti keindahan bentang alam serta hijaunya hutan perawan yang kerap diselimuti halimun, air terjun, perkebunan teh dan situs-situs arkeologis yang memiliki nilai sejarah tinggi.

Potensi keanekaragaman hayati gugusan Halimun merupakan perwakilan ekosistem hutan tropis dengan satwa penciri yang menjadi daya tarik pariwisata nya adalah Owa Jawa, Macan Tutul, Elang Jawa dan Kukang. Jenis anggota suku Dipterocarpaceae merupakan tumbuhan penciri di hutan Halimun. Hutan Halimun merupakan hutan hujan dataran rendah.

Masyarakat yang mendiami gugusan Halimun umumnya adalah suku Sunda, terbagi ke dalam kelompok masyarakat kasepuhan dan bukan kasepuhan (kata kasepuhan mengacu pada kelompok masyarakat atau komunitas yang masih hidup dan bertingkah-laku sesuai dengan aturan adat istiadat lama. Secara etimologi, kasepuhan dari kata sepuh yang bermakna Tua). dalam kesehariannya, masyarakat kasepuhan mempertahankan adat dan budaya leluhur. Secara historis penyebarannya terpusat di kasepuhan Urug, Citorek, Bayah, Ciptamulya, Cicarucub, Cisungsang, Sirnaresmi, Ciptagelar dan kasepuhan Cisitu. Masyarakat kasepuhan memiliki susunan organisasi secara adat yang terpisah dari struktur organisasi pemerintahan.

Dengan keunikan kehidupannya, saat ini Kasepuhan Ciptagelar memiki daya tarik pariwisata yang sangat kuat sebagai sebagai sebuah tempat destinasi maupun atraksi pariwisata. Kasepuhan Ciptagelar sering dihubungkan dengan Raja Pajajaran dan merupakan salah satu tempat keturunan Prabu Siliwangi dan pengikut kerajaan Sunda Pajajaran yang masih ada, selain kasepuhan Ciptagelar. Konon masih banyak pengikut dan keturunan Prabu Siliwangi yang masih teguh terhadap ciri dan cara hidup nya tersebar dalam gugusan gunung Halimun.

Lain hal nya dengan Desa Wisata Malasari yang berada di ujung barat gugusan Halimun, Pesona Malasari yang begitu memukau dengan bentang alam nan indah serta formasi vegetasi yang menutupi kawasan hutan Halimun banyak menyimpan beragam flora dan fauna nya telah menampilkan keindahan dan keunikan tersendiri dengan berbagai karakternya.

Lanskap buatan berupa kebun teh Nirmala dan persawahan terasering yang ditata sedemikian rupa menampilkan pemandangan alam yang indah nan eksotis. Kondisi geografi dan fisik Malasari yang dikelilingi oleh sungai Cikaniki dan Sungai Cidurian serta memiliki banyak air terjun dengan berbagi variasinya merupakan kekayaan alam yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun mancanegara, Enjoy the heart of Java ecotorism.

Keywords : tempat wisata, paket wisata, perjalanan wisata, obyek wisata, desa wisata, wisata alam, ekowisata, destinasi wisata, penginapan, camping ground, flying camp, taman nasional

Hutan Halimun

Hutan perawan berselimutkan kabut Halimun

Dalam perjalanan wisata hutan halimun ini, alam akan menjadi untaian symponi yang menakjubkan dimana aktivitas fisik dan emosi seorang wisatawan akan berpadu peran dengan instrumen-instrumen hutan, disana wisatawan akan disuguhkan pada pesona keragaman flora, fauna dan amazing kabut hutan perawan.

Baca lebih lanjut

Wisata tirta

Sensasi shower climbing dan susur sungai

Air terjun yang menyebar di TNGHS umumnya terbentuk karena terjadinya patahan kulit bumi sehingga aliran air terpotong dan membentuk loncatan. Karena keragamannya, wisata halimun akan menyuguhkan kegiatan shower climbing pun merasakan sensasi bertualang mendaki serta menelusuri air terjun dan sungai.

Baca lebih lanjut

Seni dan budaya

Budaya yang berselimut kabut Halimun

Expresi pemujaan, pelayanan dan persembahan terhadap alam dan penciptanya di masyarakat yang bermukin di hutan Halimun melahirkan seni & budaya yang unik seerta mengagumkan. Budaya kasepuhan banten kidul ataupun perilaku adat tradisi masyarakat baduy merupakan bagian dari keagungan budaya dalam gugusan Halimun

Baca lebih lanjut

Viewing spot

Menikmati sensasi ujung dunia di Viewing spot

Melihat megahnya sunrise dengan mata telanjang lalu mengabadikannya dengan lensa kamera akan mewahnya warna kemerahan yang mulai terpancar dari kaki langit di ufuk barat dapat dinikmati di viewing spots wisata di Halimun, pun menikmati sunset. Viewing spot wisata Halimun tersebar di spot-spot ketinggian antara 1000-1900 Mdpl.

Baca lebih lanjut

Jembatan tajuk

Berpacu dengan adrenalin di jembatan tajuk

Ketika berada di canopy trail pada ketinggian +25 meter diatas permukaan, angin sejuk-pun turut mengiringi seirama jembatan tajuk yang berayun. Sambil berpacu dengan adrenalin anda dapat mengamati dari dekat formasi tajuk tegakan Altingiaceae yang membentuk stratum atas yang saling sambung menyambung.

Baca lebih lanjut

Amazing sawah terasering

terasering itu laksana pahatan bumi yang eksotis

Pesawahan yang membentuk sistem berundak buah karya teknologi kearifan lokal yang mengagumkan itu terlihat laksana pahatan wajah bumi nan eksotis. Itulah amazing terasering yang dikelola secara apik dengan sistem tradisional. Saat ini amazing terasering telah menjadi obyek wisata agro favorit karena keindahannya.

Baca lebih lanjut

Enclave Nirmala

Encalve Nirmala, perkebunan warisan masa lampau

Setelah sebentar saja perjalanan disuguhi kabut hutan Halimun, wisatawan diajak melintasi sebuah perkebunan masa lampau yang terawat oleh tangan-tangan terampil pemetik pucuk teh, di sanalah membentang Nirmala Agung, kenikmatan teh dari setiap tegukannya sebanding dengan keindahan lansekap alam yang tersaji.

Baca lebih lanjut

Kampung Kasepuhan Banten Kidul

Masyarakat yang taat pada aturan karuhun

Beberapa Kasepuhan Banten Kidul merupakan desa tradisional yang hidupnya semi nomaden, masyarakat kasepuhan mengikuti aturan warisan leluhur yang dijalankan sangat dengan ketat pada semua lini kehidupan. ketaatan masyarakatnya pada pemerintahan adat merupakan manipestasi ketaatan terhadap aturan karuhun

Baca lebih lanjut

Suku Baduy

Baduy sebagai tempat wisata budaya dan alam

Tempat yang memiliki pesona alam dan budaya yang mengagungkan, dimana suku Baduy mempertahankan cara hidup yang dilakukan nenek moyang nya dengan prisip keharmonisan alam. aturan hidup yang diwariskan oleh leluhurnya menjadi nilai yang dianuti. Karena uniknya, Baduy saat ini menjadi obyek trip wisata favorit

Baca lebih lanjut