Hanya ada 1 Desa wisata di Bogor yang memiliki pesona wisata Bali dan wisata Lembang…

Desa wisata di Bogor yang memiliki pesona wisata bali dan wisata lembang

Desa wisata – Tren wisata guna pemenuhan kebutuhan hasrat manusia modern telah mengalami pergeseran orientasi dari wisata massal dan buatan menjadi wisata berbasis alam yang memiliki nuansa khas dan mengedepankan unsur pengalaman, profesionalitas, keunikan dan kualitas (uniqueness and quality) serta layanan. Hal inilah yang mendorong menjamurnya desa wisata (tourism village) ataupun wisata di pedesaan di berbagai wilayah di Indonesia, tidak terkecuali Desa Wisata Malasari di Bogor.  Dalam buku sebaran potensi Desa Wisata Malasari (2015) menyebutkan bahwa, “Desa Wisata Malasari merupakan kombinasi lanskap geografis yang berpadu dengan sumber daya budaya, adat istiadat serta aktivitas masyarakat yang disajikan untuk kegiatan rekreasi atau liburan”. 

Desa wisata Malasari berada di Jantungnya Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang merupakan Taman Nasional terluas di pulau Jawa, memiliki bentang alam yang indah berupa Hutan Halimun yang kerap berselimutkan kabut, Perkebunan teh Nirmala dan pesawahan terasering yang menampilkan pemandangan eksotis, Desa Wisata Malasari dikelilingi oleh banyak sungai dan air terjun dengan berbagai variasinya sebagai obyek wisata tirta. Keanekaragaman hayati di Jantungnya Taman Nasional Halimun yang menjadi daya tarik wisata dan sebagai satwa penciri adalah Owa Jawa, Macan Tutul, Elang Jawa serta Kukang. Daya tarik lainnya adalah tradisi masyarakat, Budaya serta pesona keramah tamahan yang telah menjadi pembangkit pariwisata di desa wisata yang berada Bogor Barat ini

Baca juga : Desa Wisata Malasari, Pesona nya mengalahkan wisata puncak Bogor Jawa Barat

Pesona wisata Bali di Desa Wisata Malasari

Pesona wisata Bali di Desa Wisata Malasari
Pesona terasering Desa Wisata Malasari yang laksana sawah-sawah di Bali

Banyak tempat wisata di Bali telah menjadi magnet pariwisata dunia, sawah terasering  atau rice terraces  merupakan salah satu daya tarik wisata dan telah menjadi icon pariwisata Bali selain pantai yang cukup terkenal keindahannya ataupun desa-desa adat yang menjunjung seni, tradisi dan budaya Bali. Pesona terasering Bali seperti Jatiwuluh yang sebagian besar daerahnya merupakan kawasan persawahan ditata berundak, merupakan sawah terasering kebanggan masyarakat Bali, atau pesona sawah terasering Tegalalang berlokasi disebelah utara Ubud merupakan sawah terasering yang menjadi idola wisatawan domestik maupun mancanegara karena pesonanya.

Di Desa Wisata Malasari, pesawahan terasering yang dikenal sawah 1001 undak memiliki pesona keindahan Bali nya Bogor, dengan menghadap megahnya gunung gede serta dikitari oleh hijaunya hutan tropis telah memancarkan aura  magis kejayaan Nusantara tempoe doeloe sebagai negara agraris. Sawah 1001 undak berada di tiga kampung yaitu kampung keramat banteng, kampung Sijagur dan kampung Sedjarah. “Agus setiawan, seorang Direktur Program Japan Environmental Education Forum (JEEF) akan selalu tidur didalam mobil nya tepat di pinggir sawah 1001 undak setiap kali berkunjung ke Desa Wisata Malasari hanya untuk menikmati mentari terbit dari Puncak Manik-1 di pagi hari yang cahayanya menyebar menghiasi lansekap terasering”

Baca juga : …karena wisata Bogor punya pesona wisata Bali
Baca juga : Inilah tempat wisata di Bogor yang pesonanya laksana wisata di Bali

Pesona wisata Lembang di Desa Wisata Malasari

Pesona wisata Lembang di Desa Wisata Malasari
Salah satu pesona wisata Lembang yang ada di Desa Wisata Malasari

Hamparan ratusan hektar Kebun teh Sukawana di lembang Bandung dengan backgroundnya pergunungan berhawa sejuk dapat memanjakan tubuh dan mengendurkan pikiran. Lembang berada pada ketinggian antara 1.312 hingga 2.084 meter di atas permukaan laut, dan merupakan salah satu daerah wisata di  Kabupaten Bandung Barat. Karena terletak di pegunungan, tempat wisata lembang memiliki pesona laksana Desa Wisata Malasari, diantaranya Taman Hutan Jaya Giri yang sejatinya merupakan jalur pendakian Gunung Tangkuban Perahu, hutan ini juga sering dijadikan tempat bermain oleh para penggemar sepeda gunung dan tempat camping, Curug Anom, Air teerjun dengan rasa dan suasana asri, Maribaya yang berada di bagian sebelah timur Lembang ini merupakan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang terkenal dengan air terjunnya.

Desa WIsata Malasari memilik perkebunan teh Nirmala Agung warisan Belanda yang keindahannya masih terjaga oleh tangan-tangan mungil pemetik teh, berada di enclave Hutan Halimun dengan posisi tertinggi 1800 meter diatas permukaan laut. Kebun teh Nirmala menyajikan eksotisme hamparan teh di tengah-tengah belantara. tak kalah dengan Hutan Giri, di Desa Wisata Malasari banyak wisatawan yang menembus hutan Halimun dengan bersepeda gunung atau camping di perkemahan Citalahab, Cisangku dan spot-spot berkemah yang ada di sekitar hutan.

Curug piit merupakan air terjun dengan air berwarna hijau tosca yang populer di wisatawan mancanegara, memiliki ketinggian sekitar 70 meter, air terjun lainnya yang berada di Desa Wisata Malasari adalah Curug Sawer, Curug Nyunclung, Leuwi Bombang, Curug kecapi, Curug Pasakan, curug Walet, Curug Cikeris, Curug Macan, Leuwi Bajing, dls.

Baca juga : 4 Spot foto yang menakjubkan di Desa Wisata Malasari

Pesona Taman Nasional terluas di pulau Jawa

Pesona Taman Nasional Halimun di Desa Wisata Malasari
Here we had the rainbows

Dinamika ekologi pembentuk kehidupan Taman Nasional terluas di pulau Jawa dengan berbagai karakternya dapat di nikmati secara langsung di Jantungnya Halimun, Desa Wisata Malasari yang merupakan Jantungnya Halimun (Heart of Halimun) menyajikan pohon-pohon tropis yang memiliki tajuk membentuk atap berbalut lumut dan sulur liana dengan kehidupan satwa-satwa penciri hidpu secara liar di dalamnya seperti owa Jawa, macan tutul, elang Jawa dan Kukang.

Beragam keindahan angrek hutan dan paku-pakuan yang merupakan tumbuhan epifit dapat di jumpai di zona hutan pegunungan bawah ataupun zona hutan pegunungan atas, di Desa Wisata Malasari pun dapat dijumpai berbagai jenis jamur yang menarik. Dalam kelembaban hutan, umumnya jamur dapat dilihat setiap waktu sepanjang tahun khususnya selama musim hujan. Di Jantungnya Halimun terdapat beberapa tipe jamur yang tidak umum, salah satunya adalah fenomena jamur bercahaya yang terdapat di sekitar Cikaniki dan hanya pada waktu-waktu tertentu dapat ditemuinya “itulah gemerlap cahaya jamur supalumar (glowing mushroom) yang memiliki kemampuan bioluminescent menghiasi sedikit area kecil di bagian hutan utara Citalahab” sebagai salah daya tarik yang kuat di Desa Wisata Malasari (End 2016/6.10M)

Baca juga : Kekayaan flora dan fauna hutan Halimun di Desa Wisata Malasari

Joint with Desa Wisata Malasari

Berkembangnya wisata minat khusus (special interest tourism) sebagai bentuk peralihan dari wisata massal (mass tourism) ditangkap langsung dengan di hadirkannya paket wisata minat khusus seperti Halimun Adventure Journey, Halimun Lembur Experience dan Halimun Wildlife and Nature yang kegiataannya di lakukan di Desa Wisata Malasari. Untuk dapat menikmati liburan di Desa Wisata Malasari dengan segala aktivitas petualangan wisata pedesaan, silahkan menghubungi Erik Prasetya guna menyiapkan rencana perjalanannya di Nomor +62 857-8000-2200 atau mengirimkan E-mail ke info@wisatahalimun.co.id. andapun dapat memilih salah satu dari paket-paket wisata di bawah ini :

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan  wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan TNGHS. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata