…karena wisata Bogor punya pesona wisata Bali

Pesona wisata Bali Berbanding pesona wisata Bogor

Dalam satu hal, tempat wisata Bogor memiliki kemiripan pesona wisata Bali, hal ini di karenakan Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Hamparan persawahan yang luas dan subur dimana sinar matahari terjadi sepanjang tahun sehingga petani dapat menanam tak terbatas musim. Inipula juga yang telah melahirkan banyak inovasi dalam bidang teknologi pertanian masa lampau termasuk teknologi terasering yang warisan kearifannya dapat kita lihat dan rasakan saat ini di pulau Bali dan dibeberapa tempat lainnya di Indonesia.

Teknologi pembuatan teras-teras atau sengkedan sebagai teknik konservasi tanah dan air secara mekanis untuk memperkecil kemiringan lereng dan atau memperpendek panjang lereng yang lebih dikenal dengan terasering merupakan warisan kearifan lokal masa lampau yang saat ini telah menjadi salah satu pembangkit pariwisata Bali. Di Bogor, keindahan terasering layaknya di beberapa tempat wisata Bali yang sudah populer pun ternyata ada, salah satunya berada di Desa Wisata Malasari dan di beberapa Desa wisata Bogor lainnya.

Terasering Tegalalang Ubud, salah satu pesona wisata Bali

Pulau Bali, walaupun tidak semua daerah di Bali memiliki sawah terasering sebagai daya tarik pariwisata Bali. namun dibanyak tempat, terasering menjadi salah satu komoditi industri pariwisata yang sangat favorit dan banyak di kunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara seperti di Tegalalang Ubud, Jatiluwih Tabanan, Antosari (pantai Soka), Pupuan Tabanan, Busung Biu Buleleng, Tirta Gangga dan Karangasem.

Di Ubud Bali,  objek favorit wisatawan untuk melihat / menikmati pemadangan sawah terasering terdapat di desa Tegalalang yang wilayahnya berada pada ketinggian 600 meter dari permukaan laut, daerah ini sangat sejuk, terletak di sebelah utara Ubud, selain karena cukup indah, letaknya yang strategis sangat berdekatan dengan objek wisata lainnya seperti Kintamani, Goa Gajah dan Tampak Siring.

Terasering Desa Wisata Malasari; pesona wisata Bogor

Pesona wisata Bogor punya pesona wisata Bali
Hamparan pesawahan terasering di salah satu kampung dalam gugusan Halimun

Desa Wisata Malasari dapat di tempuh 3 jam perjalanan dari Jakarta, berada di ujung barat Kabupaten Bogor dengan kawasannya yang sejuk dan lanskap alam yang sangat Indah. Ada tiga (3) Pesona wisata Bogor  yang berada di Desa Wisata Malasari yaitu Hutan Halimun yang kerap berselimutkan kabut serta kekayaan yang terkandung di dalamnya seperti flora fauna, air terjun, dls. Keduanya adalah Perkebunan teh Nirmala Agung yang ada sejak kolonialisme Belanda serta pesawahan terasering  yang merupakan warisan kearifan lokal masyarakat Malasari tempo dulu.

Memasuki pintu Gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak dari arah Bogor, pertama kali yang akan dilihat lihat adalah hamparan terasering dengan hijau hutan Halimun yang melingkarinya. “anda akan terkesima dengan aura kemegahan sawah sengkedan ketika berada di pusaran terasering 1001 undak atau disebuah sudut yang mengarah tepat ke ceruk puncak Manik gunung Salak”

Baca juga : 4 Spot foto yang menakjubkan di Desa Wisata Malasari

Terasering wisata Bogor punya pesona wisata Bali
Hamparan persawahan terasering 1001 undak di Desa Wisata Malasari Taman Nasional Halimun

Tidak hanya satu hamparan terasering, di beberapa kampung yang berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Desa Wisata Malasari terdapat pesawahan terasering yang sangat mempesona seperti sawah terasering Sijagur yang dilingkari hutan, Pesawahan Hanjawar yang tengahnya terbelah oleh sungai berhiasi batu hitam berlumut dan sawah-sawah di kampung Garung.

wisata Bogor punya pesona wisata Bali
Hamparan padi yang mulai menguning di persawahan terasering Desa Wisata Malasari

Bersama kami ketika anda berkunjung untuk melihat pesona terasering yang laksana wisata di pulau Bali, “anda tidak sebatas melihat namun diajak dan merasakan” dengan berjelajah diantara pematang sawah, memakan nasi liwet di saung-saung ditengah sawah terasering atau turut serta panen pare gede ataupun nandur (menanam padi) jika tepat pada musimnya. Silahkan menghubungi Erik Prasetya untuk menyiapkan rencana perjalanan (itinerary) selama kunjungan di Nomor +62 812-1921-2237 atau mengirimkan E-mail ke info@wisatahalimun.co.id. ataupun anda dapat memilih salah satu dari paket-paket wisata Bogor di bawah ini :

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata