Cikaniki Citalahab, Penginapan di Gunung Halimun yang bernuansa rimba

Cikaniki Citalahab Penginapan di Gunung Halimun yang bernuansa rimba

Homestay yang berada di Cikaniki atau di kampung Citalahab Desa Wisata Malasari Bogor merupakan penginapan di Gunung Halimun bernuansa rimba yang tepat berada di jantungnya Hutan Halimun. Kampung Citalahab merupakan sebuah perkampungan tradisional sunda yang berada paling timur Kabupaten Bogor berbatasan dengan  Kabupaten Sukabumi. Sebagian penduduk Citalahab menjadikan rumah tinggalnya adalah penginapan / Homestay yang diperuntukan bagi wisatan ketika melakukan aktivitas wisata di Taman Nasional Halimun. Tidak jauh dari kampung Citalahab terdapat Cikaniki Research Centre, dimana di Area Cikaniki Research Centre terdapat wisma tamu / Gues House / penginapan yang dimiliki oleh Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan diperuntukan bagi kepentingan penelitian Flora dan Fauna Jantungnya Hutan Halimun.

Untuk menuju Cikaniki Research Centre dari penginapan Citalahab, wisatawan dapat melalui jalan setapak yang disebut Loop Trail atau jalur interpretasi sepanjang ±3,8 km dengan berjalan kaki.  Disepanjang jalur interpretasi wisatawan akan melihat beberapa jenis Anggrek hutan, Kantong Semar, tanaman Suplir, Kupu-kupu dan pepohonan yang usianya sudah mencapai ratusan tahun serta berbagai aneka tumbuhan dan fauna hutan lainnya. Jika beruntung anda dapat menjumpai Monyet Surili dan Owa Jawa atau melihat seekor elang yang terbang seolah sedang menunjukan kemampuannya melintas batas angkasa raya yang tak terbatas.

Berada di Cikaniki, wisatawan akan disuguhkan oleh beragam kekayaan flora fauna yang dapat dinikmati dari atas ketinggian jembatan tajuk yang diresmikan pada tahun 1998 oleh Menteri Kehutanan dan Perkebunan yang pada saat itu di jabat oleh DR. Ir. Muslimin Nasution. Lainnya adalah curug macan dan sungai Cikaniki yang merupakan obyek wisata air.

Selain digunakan untuk kepentingan kegiatan penelitian, saat ini Stasiun Penelitian Cikaniki  juga di mampaatkan untuk kunjungan ekowisata. Para peneliti dan pengunjung ekowisata dapat menginap di penginapan Wisma Tamu yang letaknya berdampingan dengan Stasiun Penelitian. Penginapan ini berkapasitas 20 orang, terdiri dari 1 kamar VIP dan 4 kamar standard yang masing – masingnya dapat di isi oleh 4 orang. Sementara itu penginapan di kampung Citalahab yang berada pada ketinggian 1.070 mdpl dan diapit oleh anak sungai Cikidang, tersusun atas 20 rumah tembok bercampur kayu yang disebelah utaranya terdapat camping ground Citalahab. Penginapan di kampung Citalahab ini dimiliki oleh penduduk Citalahab yang tergabung dalam Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Warga Saluyu, Hubungi kami jika anda ingin menikmati malam dalam nuansa rimba di jantungnya Halimun.

Baca juga : Desa Wisata Malasari, the Heart of Halimun

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata