Perancangan Brand Desa Wisata Kiarasari oleh Universitas Mercu Buana

universitas mercu buana di desa yayank

Perancangan Brand wisata, Management dan Marketing Desa Wisata Kiarasari berpijak pada pendekatan partisipatif

Desa Wisata Kiarasari – Keberadaan Desa Kiarasari sebagai salah satu Desa dalam lingkar Gugusan Halimun yang memiliki pesona adat dan ke elokan alamnya merupakan magnit pariwisata Indonesia di ujung Barat pulau Jawa. Keberadaannya yang dekat dari Jakarta menjadi salah satu faktor yang mendukung Desa Wisata Kiarasari menjadi solusi wisata alternatif pariwisata yang berjendre wisata alam, budaya  dan wisata pedesaan.

Pesawahan terasering yang dilingkar hutan Halimun yang sebagian besarnya menutup  Desa Kiarasari dengan kekayaan lainnya seperti Pesona Gunung para Petapa, Sungai Cidurian, beragam air terjun dengan keunikannya sendiri, perilaku elok masyarakat yang masih mengikuti pola strukture adat kasepuhan dalam beragam aktivitasnya harus diperkenalkan pada publik dengan kegiatan-kegiatan publikasi. Perancangan Brand Desa Wisata Kiarasari merupakan langkah awal dalam mengenalkan Desa Wisata Kiarasari kepada publik, selain membangun management Wisata dan marketing.

universitas mercu buana di desa wisata halimun

Pengertian Brand dapat di artikan berbagai macam namun brand juga tidak hanya diperlihatkan dalam sebuah simbol (seperti logo), melainkan brand ini juga dapat di terapkan kedalam bentuk aplikasi yang akan di gunakan salah satunya yaitu nama, design, iklan, slogan dan lain sebagainya. Brand tidak hanya itu saja brand juga memiliki sifat menyeluruh yang dapat di terapkan kemedia mana saja, pada perancangan brand itu sendiri yaitu untuk membuat suatu persepsi dimana perspsi tersebut dapat di lihat dan dapat menarik perhatian masyarakat. Pada brand ini memiliki sebuah tujuan yaitu untuk membuat sebuah design yang sangat bagus dan benar, agar masyarakat bisa tahu dan memahami tentang apa yang di buat oleh perancang (Permana, 2012 ; 2). Sedangkan Branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand.

wisata alam di bogor kiarasari

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) Brand di artikan sebagai Merek yaitu tanda yang dikenakan oleh pengusaha (pabrik. produsen, dan sebagainya) pada suatu barang yang dihasilkan sebagai tanda pengenal; cap (tanda) yang menjadi pengenal untuk menyatakan nama dan sebagainya. (KBBI edisi V)

Dimulai pada tanggal 20 Mei 2017 Universitas Mercu Buana, Pengurus Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Mercu Buana Adventure Kampus Jatisampurna akan memulai  “PERANCANGAN BRAND DESA WISATA KIARASARI” dengan durasi waktu satu (1) tahun terhitung  20 Mei 2017 – 20 Mei 2018. Perancangan brand ini akan di mulai dari Brainstroming, Pengumpulan data, Analisa data, Konsep Perancangan, dls.

Upaya pembangunan Desa Wisata Kiarasari dilakukan dengan memanfaatkan potensi alam dan budaya, berharap kegiatan “PERANCANGAN BRAND DESA WISATA KIARASARI” ini merupakan tonggak awal berkumpulnya Akademisi, Praktisi dan Stakeholder di sebuah Desa Wisata yang berada dalam lingkar gugusan pegunungan Halimun, bersama untuk membuat sebuah karya dari desa untuk Indonesiaku, dari Desa Wisata Kiarasari untuk Dunia.

kerajinan desa wisata bogor yayank

Abstrak

Brand berasal dari kata “brandr” yang berarti “membakar” yang tujuan awalnya adalah memberikan tanda pada produk atau hewan ternak agar mudah dikenali. Istilah brand yang saat ini populer digunakan, juga memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memberikan tanda pengenal pada setiap produk atau jasa agar konsumen dapat dengan mudah mengenali produk atau jasa kita. brand adalah “entitas keseluruhan dari perusahaan baik yang berujud maupun tak berwujud yang membuat sebuah penawaran menjadi unik. Jadi brand mengacu pada totalitas karakteristik sebuah perusahaan yang membuat mereka berbeda dan unik, baik melalui logo, servis, ataupun produk yang mereka tawarkan”.

Desa Wisata Kiarasari berada di Bogor kecamatan Sukajaya, dengan alamnya yang berkontur, berundak dan dikelilingi oleh Hutan Halimun membuat Desa Kiarasari sebagai kawasan berhawa sejuk dan penuh pesona. Selama ini Desa Kiarasari belum banyak diketahui oleh masyarakat pariwisata, terutama masyarakat kota besar di luar Bogor. Hal ini disebabkan Karena belum ada nya Brand pada Desa Kiarasari. Oleh Karena itu perlu dibuat suatu Brand sebagai upaya untuk memperkenalkan Desa Kiarasari kepada masyarakat luas, dan juga sebagai pembeda dengan desa-desa wisata lainnya. Perancangan logo, perancangan identitas visual, perancangan signage, serta media komunikasi visual diharapkan dapat berjalan efektif serta mampu meningkatkan minat para wisatawan. untuk detailnya dapat di download pada link dibawah ini :

Sumber : Universitas Mercu Buana (2017), Perancangan Brand Desa Wisata Kiarasari

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Leave a Reply

Your email address will not be published.