Desa Wisata Kiarasari Pesona Ujung Barat Kabupaten Bogor

desa wisata kampung agro di Bogor

Rasakan Pesona Ujung Barat Kabupaten Bogor yang dimiliki Desa Wisata Kiarasari

Desa Wisata Kiarasari –  Dengan luasan wilayah sebesar 1078,5 hektar, Desa Kiarasari berada di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Berdasar kesadaran masyarakatnya sendiri, serta didukung oleh berbagai pihak, desa yang merupakan bagian dari pemekaran desa Kiara Pandak ini mendeklarasikan wilayahnya sebagai tempat wisata di Bogor dalam bentuk desa wisata pada 10 Februari 2017.

Baca Juga : Arung Jeram yang Melintas Megahnya Hutan Halimun di Desa Wisata Kiarasari

Lanskap terasering di Desa Wisata Kiarasari, Kampung Agro Wisata Cibuluh
Lanskap terasering di Desa Wisata Kiarasari, Kampung Agro Wisata Cibuluh

Selain wisata adat yang menjadi potensi wisata andalan Desa Wisata Kiarasari. Kekayaan alam di DWK yang masih dalam kesatuan gugus Gunung Halimun pun menjadi daya tarik wisata di Bogor yang layak untuk dikunjungi. Salah satu pesona keindahan alam di ujung barat Kabupaten Bogor yang dapat dinikmati melalui paket wisata minat khusus bersama Wisata Halimun diantaranya adalah lansekap sawah terasering berlatar geger hutan tropis terluas di pulau Jawa, Curug Batu Hideung, Curug Sawer, Curug Tujuh, Curug Kawung, Gunung Leutik, Gunung Manapa, Sungai Cidurian dan masih banyak lagi wisata alam lainnya yang dapat dijamah di DWK.

Pemandangan sawah yang berkontur serta dibentengi gugusan Gunung Halimun dengan udara sejuk khas pegunungan, menjadi pesona Desa Wisata Kiarasari yang akan menyambut dan memanjakan para wisatawan selama berwisata di DWK. Lansekap sawah terasering dapat terlihat rapih pun menawan dikarenakan oleh sistem tanam padi serempak yang masih dianut para petani di Kiarasari. Hal ini membuat umur juga ukuran tanaman padi nyaris seragam. Selain menawarkan pesona keindahan pemandangan sawah, tiga jenis beras lokal yang berbeda bisa didapatkan dengan mudah di DWK, yakni beras putih, beras merah dan beras hitam.

sawah agro di desa wisata bogor
Berjalan di tengah pematang sawah untuk menuju curug Manapa

Masuk lebih dalam ke kawasan Desa Wisata Kiarasari, wisatawan dapat menjamah dan merasakan sensasi wisata tirta yang berada dalam garis kesatuan hutan Halimun. Wisata air terjun, seperti  Curug Batu Hideung, Curug Sawer, Curug Tujuh, Curug Manapa dan objek wisata alam berupa air terjun lainnya dapat menjadi tujuan wisata tirta saat mengunjungi DWK dengan paket wisata minat khusus.

Bila wisatawan menyambangi kaki Gunung Manapa yang menjadi salah satu icon desa Kiarasari, dimana menurut kepercayaan masyarakat setempat, gunung yang dijadikan tempat bersemedi para petapa pada tempo dulu ini memiliki kekuataan magis yang cukup besar. Namun dibalik tiras magisnya, ada keindahan yang tertanam di kaki gunung para petapa tersebut. Diantaranya adalah aliran Sungai Cidurian yang meloncat setinggi 25 meter dan membentuk kubangan berdiameter 13 meter dengan kedalaman lebih dari 8 meter, Curug Manapa.

Curug Manapa di Gunung para petapa, Desa Wisata Kiarasari
Curug Manapa di Gunung para petapa, Desa Wisata Kiarasari

Hal baru dan berbeda yang dimiliki salah satu tempat wisata di bogor ini adalah wisata arung jeram, tubing river di sungai Cidurian. Dikemas dalam sebuah paket wisata minat khusus dengan label  ADVENTURE ETHNIC yang merupakan turunan dari Halimun Adventure Journey , dimana sebuah olahraga air yang sekaligus menjadi salah satu wisata air bergendre petualangan yang memacu saraf adrenalin ini dapat dirasakan sepaket dengan pengalaman berwisata adat komunitas sunda di Desa Wisata Kiarasari. Hal yang menjadi nilai tambah saat tubing di DWK, selain banyaknya jeram yang dilalui membuat pengalaman tubing menjadi lebih seru dan menantang adalah keindahan bentang alam hutan Halimun sepanjang track tubing river dan kejerniaan air sungai Cidurian yang berhulu di Gunung Kendeng (salah satu gunung yang masih termasuk gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak)  masih terjaga dengan baik.

Arung Jeram, Tubing river di Cidurian
Arung Jeram, Tubing river di Sungai Cidurian yang membelah hutan Halimun

Setelah Desa Wisata Malasari, dengan keindahan bentang alam yang berdampingan bersama kerapatan adat komunitas Sunda, kini Desa Wisata Kiarasari mengisi daftar tempat wisata di Bogor yang dibundle dalam konsep paket wisata minat khusus ini layak untuk dikunjungi. Merasakan kesahajaan Desa Wisata Kiarasari sebagai pesona ujung barat Kabupaten Bogor dengan paket wisata minat khusus bersama Wisata Halimun adalah keharusan bagi anda para pecinta wisata adat tatar Sunda dan wisata petualangan di alam liar. Get your ADVENTURE ETHNIC with Wisata Halimun !

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Film pendek yang menggambarkan kesahajaan kehidupan sehari-hari masyarakat Desa Wisata Kiarasari di Kampung Wisata Cibuluh, karya Muhamad Ramadhan dan teman-teman mahasiswa Universitas Pancasila, Fakultas Pariwisata klik disini !

 

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata
Fields marked with an * are required

Leave a Reply

Your email address will not be published.