Desa Wisata Kiarasari, tempat wisata di Bogor dengan pesona Gunung Para Petapa

Tempat wisata di Bogor

Tempat wisata di Bogor dengan pesona sawah terasering laksana Bali yang melingkar gunung para petapa

Tempat Wisata di Bogor – Liburan ke Desa Wisata di Indonesia tren nya mulai berkembang pada awal tahun 2000 an, seiring dengan ditandainya motivasi dan pola perjalanan yang dilakukan para wisatawan ke desa-desa  yang memiliki pesona alam yang masih baik, budaya, adat istiadat yang masih terjaga serta kearifan lokal nya yang masih di gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Segmen wisatawan yang mengunjungi Desa Wisata adalah mereka yang berpendidikan serta memiliki tingkat kepedulian terhadap isue-isue konservasi lingkungan, komunitas dan budaya lokal. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di Desa Wisata antara lain adalah wisata petualangan (adventure Tourism) ataupun wisata minat khusus lainnya seperti ekowisata, wisata budaya, wisata etnik, wisata pedesaan, wildlife viewing, birdwatching dan lain sebagainya.

Dalam perspektif  Nuryanti, Wiendu. (1993). Concept, Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press ; bahwa “Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku….“. Halnya dengan Desa Wisata Kiarasari dengan karakter unik-nya yang masih menginduk pada kasepuhan Cipatat kolot dan Kasepuhan Urug yang menjadi puser dayeh Kasepuhan Halimun di tiga kabupaten ini  diperuntukan bagi masyarakat perkotaan yang tidak memiliki kampung, namun ingin merasakan pulang ke desa dan bermukim sebentar saja dalam nuansa kampung agrowisata diatas bukit yang di lingkar oleh megahnya hutan Halimun.

Baca Juga : Desa Wisata Kiarasari, Tempat wisata di Bogor dilingkar adat kasepuhan dan hutan Halimun

tempat wisata di bogor desa wisata kiarasari

Profil Desa Wisata Kiarasari, Tempat Wisata di Bogor

Desa Kiarasari adalah salah satu Desa dari 11 (Sebelas) Desa yang berada di Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor, berada pada ketinggian 600 – 1200 Mdpl dengan suhu rata-rata 26 oC – 30 oC, dengan Kemiringan 25  – 35 derajat. Kiarasari memiliki luas 1.078.5 Ha. Dari luasan tersebut sebagian besarnya adalah lahan pertanian dan perkebunan. Desa Kiarasari termasuk dalam wilayah pembangunan Barat, yang berfungsi sebagai pengembangan sektor perkebunan, pertanian, industri (termasuk didalamnya industri pariwisata) dan pelestarian sumber daya air.

Desa Kiarasari dapat diklasifikasikan sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi agama serta warisan budaya. menganut falsafah “silih asih, silih asah dan silih asuh” yang bermakna “saling mengasihi, saling memberi pengetahuan dan saling mengasihi diantara warga“. Masyarakat Desa Kiarasari sangat menjunjung tinggi pentingnya prinsip dan komitmen terhadap nilai-nilai kebijakan sebagaimana pepatah “ unggu kalinduh, ulah gedog ku anjian” yang berarti konsisten dan konsekuen terhadap kebenaran serta penyesuian antara hati nurani dan rasionalisme.

Tempat Wisata di Bogor

Desa Wisata Kiarasari yang di lingkar hutan Halimun disebelah utaranya, terdapat banyak Obyek Dengan Daya Tarik Wisata (ODTW) seperti sawah terasering yang pesona nya laksana persawahan terasering yang berada di pulau Bali, terdapat beragam curug atau air terjun dengan keunikannya tersendiri, dan masyarakatnya yang masih menjaga adat serta tradisi leluhur.

Gunung para petapa yang terdapat curug Manapa disalah satu dikaki gunungnya, airnya berasal dari aliran sungai Cidurian, Curug Manapa berada di sebelah tenggara kampung wisata agro Cibuluh, dengan air yang berwarna hijau tosca dan ketinggian terjunan mencapai 21 meter, kawasan Manapa diperuntukan bagi pencinta wisata petualangan. Menurut leluhur masyarakat, Gunung Manapa dahulunya merupakan tempat bagi para petapa, (KKBI: mengasingkan diri dari keramaian dunia dengan menahan hawa nafsu untuk mencari ketenangan) atau  tempat bertapa nya masyarakat adat Kasepuhan Urug dan Kasepuhan Cipatat pada zaman dahulu dalam rangka mematangkan ilmu.

Baca Juga  : Desa Wisata Kiarasari Pesona Ujung Barat Kabupaten Bogor

tempat wisata arung jeram elshinta

Dengan potensi dan keunikannya, pada Tahun 2017 awal, Desa Kiarasari mendeklarasikan diri sebagai salah satu Desa Wisata di kabupaten Bogor dengan mengusung keunikan alam, budaya dan tradisi sebagai kekuatan pariwisata Desa Wisata Kiarasari. Dan dengan berpijak pada falsapah karuhun “Someah HADE ka Semah” yang menjadi nilai falsapah pariwisata Desa Wisata Kiarasari. Someah HADE ka Semah sebagai gambaran atau penanda jati diri. bahwa i’tikad yaitu keinginan untuk menghormati dan menghargai keberadaan orang lain yang tengah/sedang berada di lingkungan pribumi (Sunda) yaitu lingkungan Desa Wisata Kiarasari. Keduanya, mengandung makna “rengkuh” yaitu sikap dan gerak-gerik tubuh (bahasa tubuh) yang menandakan rasa silaturahmi dalam menerima kehadiran semah, atau kedatangan wisatawan di Desa Wisata Kiarasari.

Manifestasi falsafah “Someah HADE ka Semah” dalam kepariwisataan Desa Wisata Kiarasari di aplikasikan dalam tiga perilaku, yaitu perilaku HADE ku Tata (bagus atau baik dalam melakukan perencanaan dan layanan pariwisata), HADE ku Basa (bagus atau baik dalam berbahasa / melakukan komunikasi efektip) HADE ku Soca (menunjukan hal yang indah, bagus dan baik terhadap wisatawan, baik itu berupa pemandangan, budaya, adat istiadat maupun perilaku).

HADE dalam terminologi bahasa sunda bermakna bagus atau baik. Oleh Wisata Halimun, HADE diabadikan dalam sebuah produk wisata yang untuk pertama kalinya diperkenalkan / louncing di Desa Wisata Kiarasari pada tanggal 15 Juni 2017. HADE kependekan dari Halimun Adventure Ethnic, yaitu produk wisata bergendre budaya kasundaan dan kearifan lokal masyarakat yang mukim dalam gugusan Halimun

Selain paket wisata Halimun Adventure Ethnic yang dapat dilakukan di Desa Wisata Kiarasari, beberapa kegiatan wisata pun menjadi paket wisata unggulan di Desa Kiarasari, antara lain :

  1. Arung jeram yang melintas megahnya Hutan Halimun di Desa Wisata Kiarasari
  2. Paket wisata Live IN 4D3N di kampung wisata Cibuluh Desa Kiarasari
  3. Adventure Ethnic di Desa Wisata Kiarasari | edisi paket wisata di Bogor

curug manapa di tempat wisata bogor

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Untuk dapat menikmati serunya petualangan di Desa Wisata Kiarasari dalam paket Halimun Adventure Journey, Halimun Lembur Experience, ataupun Halimun Adventure Ethnic, anda dapat menghubungi HOTLINE kami atau mengirimkan surel ke info@wisatahalimun.co.id. Selamat berwisata di tempat wisata di Bogor dengan pesona gunung Manapa yang dilingkar budaya tua dan hamparan sawah terasering nya.

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published.