Adventure Ethnic di Desa Wisata Kiarasari | edisi paket wisata di Bogor

Paket wisata adventure kampung wisata Cibuluh Desa Wisata Kiarasari

Paket wisata Adventure Ethnic ; Setelah memasuki warisan peradaban tua dalam wewengkon Halimun yang dipenuhi kebijaksanaan adat, kearifan tradisi dan pesona keramah-tamahan cucu cicit dan pengikut dari sang Radja Padjadjaran,  Tibalah saatnya anda akan menguji adrenalin dalam sebuah petualangan menerobos hutan halimun dan menyusuri setiap liku sungai berarus deras yang berhias batu hitam berlumut dengan menggunakan tubing. Andapun dapat merasakan segarnya air yang melewati tengggorokan ketika meminum air sungai Cikondang.

ITINERARY PAKET WISATA ADVENTURE ETHNIC

Paket wisata wisata Adventure Ethnic merupakan turunan paket wisata Halimun Adventure Journey yang dilakukan di Desa Wisata Kiarasari Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor. Desa Wisata Kiarasari merupakan salah satu Desa Wisata yang sedang berbenah diri membangun kampung wisata Cibuluh dengan mengusung nilai-nilai wisata ramah dan kearifan lokal sunda wiwitan  ” PAKET WISATA ADVENTURE ETNIC –

Deskripsi Paket wisata Bogor 2 Hari 1 Malam

NOMOR PAKET:HAJO-AE2D1N.17 | download brosur
KEGIATAN: HAJO versi Adventure Ethnic
DURASI:2 Hari 1 Malam
DESTINASI:
AKOMODASI: Kampung Cibuluh
MIN PAX:15 orang
INVESTASI:Kirimkan Penawaran

ITINERARY PAKET WISATA ADVENTURE ETNIC

Obyek dengan daya tarik wisata

  1. Kampung kasepuhan Adat Urug (destinasi ke desa tertua pada saat perjalanan)
  2. Makan Cipatat Kolot (destinasi pada saat perjalanan)
  3. Gunung Manapa (gunung para petapa)
  4. Sungai Cikondang / Cidurian
  5. Curug Cidurian dan atau Curug Cibatu hideng
  6. Pesawahan terasering
  7. Kampung Cibuluh (kampung agro diperbukitan)

Atraksi wisata Adventure Ethnic

  1. Munjungan
  2. Mancangkrama
  3. Interaksi kesenian kerajinan
  4. Pawon Experience
  5. Lembur Experience
  6. Tubing River dan tracking Hutan

Adventure Ethnic Hari pertama

Sampurasun, Dari jalan raya Bogor, anda akan memasuki jalan Cigudeg – Kiarasari menuju arah selatan, melintas hamparan perkebunan sawit, melewati perkampungan dari beberapa desa dengan lanskap alam pegunungan, hutan, pesawahan dan kebun-kebun penduduk.

Berhenti sejenak di kampung tertua, kampung yang berusia 450 tahun dalam gugusan Halimun sebatas untuk menyantap makan siang dan menikmati indahnya arsitektur gaya sunda wiwitan yang masih kental nilai-nilai kearifan lokalitas sundaisme nya. konstruksi bangunan rumah tradisional Kampung Urug memiliki kemiripan dengan karakter arsitektur bangunan kerajaan di Bogor pada masa lampau. hal ini dikuatkan bahwa penduduk kampung Urug mempercayai bahwa mereka berasal dari keturunan Prabu Siliwangi, Raja di Kerajaan Pajajaran pada abad lima belas yang berpusat di Bogor Jawa Barat.

Dilanjutkan menuju Desa Wisata Kiarasari. Selama perjalanan, anda akan dihadapkan pada kemegahan alam dan simbol-simbol peradaban tua masa lampau yaitu kuburan Cipatat kolot yang menjadi rujukan setiap kali sebelum kasepuhan di wewengkon Halimun (Bogor, Banten dan sukabumi) melakukan perayaan-perayaan adat seperti sidekah bumi, upacara seren tahun dan segala yang berhubungan dengan tali paranti Karuhun .

Tibalah dibatas desa antara kampung urug dengan Kiarasari. Masih telihat simbol kharisma yang  di tanamkan oleh penduduk wewengkon Halimun pada sebuah bukit menjulang tinggi yang dibawah nya mengallir sungai Cidurian. Itulah gunung manapa, gunungnya para petapa, gunung dengan lanskap alam yang megah dan daya magic yang tertanam kuat.

Setelah lelah melakukan perjalanan yang  memberikan informasi kebudayaan kuno di lingkar timur wewengkon Halimun, tibalah anda akan di ajak macangkrama bersama SAAKI di pojokan saung sawah pasir ipis dengan di iringi alunan seruling disenja hari.  Sambil menikmati kudapan khas Kiarasari, andapun akan di bawa “nyoreang alam katukang”  dengan  pitutur karuhun agar tetap menjaga alam, kerukunan sosial dan  ada tradisi.(Red : saaki berasal dari dua suku kata dalam padanan sunda yaitu SA berarti satu dan Aki yaitu kakek atau leluhur, jadi saaki dapat di maknakan satu kakek atau satu keturunan. Saaki memiliki  fungsi sebagai wadah para sesepuh kampung se-Kiarasari untuk membangun komunikasi dan menyamakan presepsi tentang adat. Seminggu sebelum seren tauhun dan perayaan lainnya,  incu putu atau cucu dan keturunan kasepuhan Desa kiarasari melakukan nyekar tahunan ke kasepuhan Cipatat kolot guna meminta restu). Setelah selesai macangkrama, anda akan di ajak menginap disebuah rumah rumah penduduk dengan karakter perkampungan Sunda, sampai pagi tiba menjelang.

Adventure Ethnic Hari kedua

“Suara burung dan kokok ayam yang saling bersahutan akan membangunkan anda dari lelapnya tidur. Disudut rumah panggung, tercium aroma khas masakan tradisional yang sedang diramu oleh seorang ibu dan melibatkan tamu-tamu yang menginap dirumahnya untuk berinteraksi untuk membuat sarapan pagi”

Seperti kebiasaan penduduk di kampung wisata Cibuluh yang terbangun pada jam 4.30 pagi hari dengan aktivitas pribadinya, pun peserta akan mengikuti jejak perilaku penduduk dan dilanjutkan sesi macangkrama di dapur. (Mancangkrama di pagi hari adalah satu interaksi dipagi hari sambil makan kudapan dengan merencanakan aktivitas yang akan dilakukan sepanjang hari kedua, perilaku mancangkrama bagi penduduk Cibuluh merupakan bercengkrama dengan keluarga dan tetangga sekitar rumah pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas)

Tibalah saatnya anda akan menguji adrenalin dalam sebuah petualangan menerobos hutan Halimun dan menyusuri setiap liku dan jeram sungai berarus deras yang berhias batu hitam berlumut dengan menggunakan tubing. Andapun dapat merasakan kesegaran air yang melewati kerongkongan ketika meminum jernihnya air sungai Cikondang.

Setelah lelahnya menikmati Tubing River di Sungai Cikondang dan berakhir di Sungai Cidurian, Anda akan menikmati lezatnya makan siang dengan menu nasi liwet tepat ditengah sawah pinggir sungai Cidurian. Wilujeng Patepang Deui.

BIAYA dan FASILITAS

Untuk anggaran Adventure Ethnic di Desa Wisata Kiarasari dalam edisi Paket Wisata Bogor silahkan menghubungi HOTLINE kami atau Erik Prasetya di Nomor +62 812-1921-2237, pembiayaan tersebut sudah termasuk :

  • Penginapan di Kampung Wisata Cibuluh
  • Makan 4x dan break 3x
  • Fasilitator dan Guide tour
  • Peminjaman peralatan Tubing 
  • Tiket Masuk Wisata 
  • T-shirt Halimun Adventure Journey
  • Asuransi perjalanan dan dukungan medis

GET YOUR ADVENTURE ethnic

Pesawahan terasering

Sungai Cikondang

Lanskap kampung Cibuluh

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata