Kawasan Ciputri, Surga Air Terjun di Bogor Barat

Air Terjun – Sepanjang perjalanan menuju Air terjun Curug Padalarang, di pojokan-pojokan batu yang berbatas dengan aliran sungai, mengepul asap tipis dari kerasnya bebatuan yang menghiasi sepanjang aliran sungai. Sahabat wisata Halimun bernama Babeh Syahdu menjelaskan “bahwa kepulan asap yang tersembul tipis dari kerasnya bebatuan itu di karenakan dinginnya bebatuan yang tersorot oleh hawa hangat mentari pagi terbit dari arah barat.”

Air terjun Padalarang merupakan satu dari 27 pesona wisata tirta (wisata air) yang berada di sekitar camping Ground Ciputri, dapat ditemput sekitar 30 menit perjalanan dari camping ground. Terletak tepat di bawah megahnya puncak salak-2 yang memiliki ketinggian 2180 Mdpl, aliran nya pun bersumber dari anak-anak sungai yang mengalir dari tebingan barat laut puncak salak – 2 yang menyatu dalam sungai Padalarang.

Untuk mencapai Air terjun Curug Padalarang-1, dari Camping Graund Ciputri Desa Wisata Tapos-1, wistawan terlebih dahulu diajak menembus hutan pinus dengan jarak tempuh sekitar 10 menit perjalanan kaki, selanjutnya wisatawan akan diajak menyusur aliran sungai yang memiliki bebatuan hitam cerah keputihan yang sebagian kecil bongkahan batunya yang berwarna merah hati menjadi ornamen warna penghias jalur sungai.

Tidak berselang lama, wisatawan pun akan di perhadapkan dengan karakter bebatuan besar hitam berlumut sebagai penghias perjalanan di sepanjang aliran sungai padalarang. Beberapa kolam kecil dengan kedalaman sepinggang orang dewasa menjadi perintang yang harus dilewati sebelum sampai di Air Terjun curug Padalarang. Kolam kecil tersebut ada di karenakan terdapat curugan air yang ketinggiannya berkisar 1 s.d 2 meter. Jalur yang berada di antara tebing ini berhawa sejuk karena vegetasi tumbuh padat diantara dua tebingan dan dipuncaknya.

Setengah perjalanan, wisatawan akan di hadapkan pada sulur-sulur akar yang menggantung di antara tebingan yang berwana hitam kecoklatan, akar yang menjulur ke aliran sungai itu menjadi pemandangan yang jarang ditemukan di tempat wisata air lainnya. Beberapa spot tebingan dan dari celah celah bebatuan yang menempel diantara tebingan sepanjang aliran sungai Padalarang banyak memancarkan air, itulah pancuran alami yang kesegaran airnya bisa menjadi pelepas dahaga.

Dari kejauhan, terlihat lompatan air dengan ketinggian + 20 meter. Semakin mendekat akan terlihat kubangan dengan lebar berkisar 6 meter dengan ketebalan 2 meter dengan kedalaman seleher orang dewasa. Bebatuan yang berada dalam dasar kubangan yang terlihat indah, itu menjadi pemanis kubangan air berwarna hijau tosca yang menjadi wadah lompatan air curug Padalarang.

Curug Padalarang-1 hanyalah satu diantara surga air terjun yang berada di Desa Tapos satu, ada 27 air terjun lainnya yang sudah ditemukan dan diketahui di Desa Wisata Tapos-1. Aliran air sungai yang berada di aliran sungai Ciampea, Cinangneng, Padalarang dan Cisalada, Keempat sungai tersebut akhirnya menyatu dalam dua sungai besar yaitu sungai Ciampea dan sungai Cinangneng, Curug yang tersebar di Desa Tapos-1 dan menjadi syurga para pencinta Air wisata air adalah :

  1. Curug Ciampea yang berada sungai Ciampea, Curug ini memiliki 4 lompatan air.
  2. Curug Ciputri -1, saat ini dikenal sebagai Curug Ciputri-1 yang berada dalam aliran sungai Cisalada, namun sebenarnya Curug Ciputri-1 dahulunya bernama curug nangka karena ada petanda 2 pohon nangka.
  3. Curug Ciputri-2 yang berada di Sungai Putri yang mengalir ke sungai Padalarang
  4. Curug Kiara, Curug Kiara ditandai oleh adanya pohon kiara di sekitar curug di aliran sungai Cisalada
  5. Curug Cigogok berada dalam aliran sungai Cisalada
  6. Curug Padalarang berada dalam aliran sungai padalarang
  7. Curug topi 1 yang berada dalam aliran sungai Padalarang merupakan curug tertinggi di Desa Wisata
  8. Tenjolaya-1, Ketika tiba di dipertengahan badan curug, air yang meluncur dari patahan sungai akan menjadi uap atau embun setibanya di bawah air terjun
  9. Curug topi 2 berada di sungai Padalarang tepat di bawah Curug Topi 1
  10. Curug Limus berada di badan sungai Padalarang yang lebih dikenal dengan sebutan leuwi kekek
  11. Curug Goong berada di sungai Padalarang, disebut curug Goong karena ketika ada ada air bah, disekitar curug akan terdengar suara goong dalam instrumen gamelan
  12. Curug Awi berada di sungai Padalarang
  13. Curug Batu Panjang berada sungai Padalarang
  14. Curug Pasir Buntung terdapat di gunung buntung
  15. Curug Cipetey 1 berada dalam aliran sungai Cipetey yang alirannya menyatu ke sungai Cinangneng
  16. Curug Cipetey-2 atau yang lebih dikenal dengan curug Tugu, Curug ini berada tepat di bawah curug Cipetey 1
  17. Curug pasir manggis 1 dan 2 berada di aliran sungai pondok walanda, inilah kawasan gunung paling angker di Tapos-1
  18. Curug Sembilan pasir manggis yang memiliki 9 lompatan air sungai Cimanggis. Sungai pasir manggis menyatu dengan sungai Cianangneng
  19. Curug Puspa berada pada bagian anak sungai pasir manggis
  20. Curug Pasir Buntung berada di sungai pasir buntung yang akhirnya sungai tersebut menyatu ke sungai Padalarang

Selain Syurga air terjun di Bogor, Desa Wisata Tapos satu terdapat destinasi wisata lainnya antara lain batu belah, Sumur Sijalatunda di Cipetey, keramat atau petilasan Kabayan, Situs Cibalay, Arca Domas, Situ Kigandul, Telaga Putri dan Curug saat.

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Untuk dapat menikmati syurga Air Terjun Di Bogor, anda dapat menghubungi HOTLINE kami karena sebagian besar air terjun yang berada dalam kawasan tebingan Puncak salak 2 Sebelah Barat Daya tidakdi khususkan untuk wisata umum, Anda dapat mengikuti paket wisata Halimun Adventure Journey dalam jelajah Syurga Air Terjun di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published.