Melintas lorong cahaya menuju Grand Canyon Bogor

Halimun Adventure Journey di Grand Canyon Bogor

Grand Canyon Bogor – Aliran sungai berkelok dengan tebing menjulang tinggi menjadi pembatas alam Pasir Gaok, Desa Gunung Malang dengan dan Kampung Cibalay, Desa  Wisata Tapos 1. Langitnya dihuni oleh kelalawar yang berterbangan di antara lorong-lorong. Pun dipenuhi sorotan cahaya mentari pagi yang menembus rapatnya tajuk tegakan, lalu menyinari tebing kecoklatan berhiaskan Sphagnum Alga Salaka. Disanalah kami menyusur aliran sungai berair hijau tosca untuk menyaksikan atraksi mempesona air terjun Curug Cipetey.

Berpetualang menyusuri lorong cahaya untuk menuju salah satu dari 27 air terjun di kawasan Desa Wisata Tapos 1 dalam exkspedisi team Wisata Halimun dan Salaka Mountain Guide (29/07/17). Dalam ekspedisi Surganya Air Terjun pada hari kedua di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Koh Erik sebagai pimpinan Wisata Halimun sekaligus pencinta olahraga air berujar, “Bukan sebatas air terjunnya yang memukai, namun perjalanannya pun sungguh eksotis”.

Sepanjang perjalanan, kami dihadapkan pada kemegahan Pesona Biodiversity yang berada di punggungan sebelah barat daya puncak gunung Salak 2. Beragam binatang berkeliaran bebas dan hidup diantara tajuk tegakan, berkeliaran di antara lembah-lembah dan dataran tinggi.

Dari camping ground Ciputri, kami melintasi hutan pinus menuju camping ground Arca Domas. Setelahnya, lagi-lagi kami dihadapkan pada pesona, kali ini pesona curug Goong yang aliran sungainya mengalir ke sungai Padalarang. Namun curug Goong hanya menjadi perlintasan team Wisata Halimun. Karena Adventure sesungguhnya adalah melintasi lorong cahaya yang merupakan perlintasan untuk menuju Grand Canyon Bogor.

Untuk bisa sampai di batu pertama pada aliran sungai Cipetey, kami harus menapaki turunan di antara tajuk tegakan dengan penuh kehati-hatian. Hingga akhirnya, kami sampai di pertemuan antara aliran sungai Cipetey dengan sungai Cinangneng. Pijakan batu pertama berwarna hitam terang. Sepertinya dahulu bebatuan yang berada di sungai Cipetey itu pernah terbakar oleh suhu ribuan derajat. Dan ternyata karakter bebatuan sepanjang aliran sungai pun sama, hitam cerah serta beberapa batuan hitam berukuran lebih besar nan berlumut.

Kami harus melewati 4 rintangan berupa kolam berair hijau tosca yang memiliki lebar sepanjang sungai dengan ketebalan 2-4 meter dan kedalaman terdalam sedada orang dewasa. Pada setiap rintangan, kami harus memanjat tebingan dengan ketinggian bervariasi antara 1-5 meter. Sungguh petualangan yang menakjubkan ketika memanjat tebing di antara semburan lompatan air. Itulah sedikit gambaran perjalanan yang eksotis untuk menuju Curug Cipetey, dengan menyusuri Grand Canyon Bogor.

Tidak sebatas kolam berair tosca yang menjadi perintang, sebuah lorong sempit yang berkelok-kelok sepanjang 50 meter menjadi sensasi tersendiri. Di lorong inilah kami menyelam dalam jernihnya air. Gerombolan udang yang berenang kesana kemari, kian menjadi pesona biodiversitas arus air di dalam aliran sungai.

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Perjalanan menuju Air Terjun Cipetey merupakan bagian dari paket-paket Wisata Halimun Adventure Journey, Paket petualangan yang menjadi satu kesatuan utuh, dari mulai camping, tracking Hutan, Telusur sungai dan menkmati alam dengan berhammock serta pada malam harinya disajikan api unggun kebersamaan sebagi penghangat kebersamaan keluarga, komunitas atau teman sekerja. Jika anda ingin menikmati Halimun Adventure Journey di punggungan barat daya Puncak Salak-2 di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, silahkan menghubungi HOTLINE kami atau reservasi langsung melalui e-mail ke info@wisatahalimun.co.id

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published.