Wisata sang admin; Liburanku bersama Zarah

liburan bersama zanti rosa arafah

Wisata sang Admin – Zarah dapat ditafsirkan sebagai sebuah ungkapan bagi sesuatu yang paling kecil atau terkecil. Seorang ilmuan kebangsaan Yunani bernama Demokritos di abad ke-14 mengistilahkan atom pada sebuah benda yang dipecah menjadi materi yang terkecil dan tidak bisa terpecah lagi, atau bahwa materia terdiri dari atom-atom atau unit-unit kecil di alam semesta.

Sejak dahulu kala manusia telah menyadari bahwa disamping alam makrokosmos, terdapat pula alam mikrokosmos yang berukuran sangat kecil. Pada abad pertengahan dikenal dengan atomos, belakangan ini ditemukan partikel subatom dalam ilmu fisika partikel dan fisika nuklir yang ukurannya jauh lebih kecil dari pada atom yaitu partikel dasar dan partikel komposit. Pada tahun 2012, lompatan dalam ilmu fisika partikel telah menemukan partikel yang mirip Higgs Boson atau Higgs particle yang kemudian dinamai Partikel Tuhan. Jika zarah merupakan ungkapan bagi sesuatu yang terkecil, maka atom, partikel subatom ataupun partikel Tuhan adalah Zarah atau Dzarrah dalam ejaan berbahasa Arab.

Partikel Tuhan…. ! Ah terlalu jauh aku menulis tentang Zarah. Nama kecilku Mutaqin, lahir jauh pada masa Demokritos mengkhayalkan atomos dan aku terbersitpun tidak tentang adanya partikel Tuhan atau tentang teory quantum yang berlaku pada tingkat dibawah atom. Saat ini aku hanya membutuhkan sedikit relaksasi sesaat dari rutinitas menulis artikel-artikel wisata dan desain program untuk para mitra. Inilah liburanku bersama Zarah, berwisata bersama partikel terkecil.

Dari partikel kecil terciptalah kekuatan besar yang maha dasyat, adalah sebuah analogi yang menggambarkan tentang kekuatan besar itu tercipta dari zarah, terlahir dari sesuatu zat yang kasat mata namun dampaknya luar biasa. Seorang Einstain yang menentang teori Quantum, lalu menulis pada Marx Born “Mekanika Kuantum begitu saja mengagumkan, namun suara hati memberitahuku bahwa itu bukanlah yang sebenarnya, Teori mengatakan banyak hal, tetapi sesungguhnya tidak membawa kita lebih dekat pada rahasia…”

Yang lebih mendekati pada rahasia itu adalah hati, sesuatu yang halus, bersifat Ketuhanan dan kerohanian dan memiliki kekuatan yang jauh lebih dasyat dibanding atom. Dalam hadis Rasulullah Saw: Dari Nu’man bin Basyir berkata: saya mendengar Rasulullah Saw. Bersabda: ألا وإن في الجسد مضغة إذا صلحت صلح الجسد كله وإذا فسدت فسد الجسد كله ألا وهي القلب ” Ketahuilah,sesungguhnya dalam jasad terdapat segumpal daging, apabila dia baik maka jasad tersebut akan menjadi baik, dan sebaliknya apabila dia buruk maka jasad tersebut akan menjadi buruk, Ketahuilah segumpal daging tersebut adalah “Qolbu” yaitu hati “. ( Hadis Riwayat Bukhori ).

Ibnu Manzur dalam Lisan al-‘Arab menyebut qalb sebagai segumpal daging yang menggantung pada sesuatu. Dalam Mu’jam al-Wasit disebutkan bahwa qalb adalah jantung yang menjadi pusat peredaran darah yang berada di dada sebelah kiri. Istilah qalb menurut al-Ghazali mengandung dua pengertian yaitu materia dan spiritual. Materia adalah organ tubuh jantung yang berbentuk kerucut terletak di sebelah kiri rongga dada. Adapun qalb secara spiritual merupakan substansi non-materi dan tidak terlihat, yaitu “lutf rabbaniyyun ruhaniyyun” atau hakikat manusia yang halus yang mengenali, mengetahui, yang diajak bicara, yang dituntut, diberi pahala, dan disiksa. Al-Ghazali menyamakannya dengan definisi nafs.

Fungsi akal dan hati manusia yang utama adalah untuk menangkap kebenaran mengenal dan mengetahui Allah, sehingga timbullah iman. Sedangkan hubungan antara akal dan hati sebagai dimensi psikis manusia, tidak saja yang memegang peran pengetahuan dan perbuatan manusia, tetapi sebagaimana juga berfungsi menghasilkan daya cipta, rasa, dan karsa. Akal dan hati adalah sama sebagai substansi yang mengetahui dan berakal, namun berbeda dalam kemampuan menangkap wilayah pengetahuan, di mana hati lebih luas dari akal.

Kehebatan qalb dalam menangkap ilmu dianggap melebihi kecakapan otak. Ia melebihi kecakapan-kecakapan yang dimiliki alat-alat indra lahir. Menurut Jalaluddin Rumi, qalb manusia mempunyai potensi berpikir 700 kali lebih cepat dibanding dengan berpikir menggunakan otak. Rumi mengibaratkan orang yang berpikir dengan hatinya seperti orang yang berlari cepat, sedangkan orang yang berpikir dengan otak seperti halnya orang cacat kakinya yang terseok-seok.

Dalam The Sufi Path of Knowledge: Hermeneutika al-Quran Ibn Arabi, William C. Chittik menulis Ilmu dapat diperoleh melalui metode refleksi atau fikr, penyingkapan dan pewahyuan. Refleksi dengan menggunakan perangkat akal yang berpusat di otak. Penyingkapan dengan cara menggunakan perangkat qalb yang dikontraskan dengan akal. Akal mendapatkan ilmu dengan berbagai keterbatasan dan ikatan-ikatan yang melekat pada dirinya. Sementara hati (qalb) melampaui seluruh keterbatasan sebab sesuai maknanya selalu mengalami perubahan dan transmutasi.

zanti rosa arafah citalahab
Ilustrasi dalam puisi berjudul hasrat…

Berpikir adalah menghadirkan dua pengetahuan dalam hati untuk menghasilkan dari keduanya pengetahuan ketiga ” Siapa saja yang tidak mencari pengetahuan ketiga maka ia tidak dapat disebut sebagai orang yang sedang berpikir”. Dengan berpikir akan melahirkan cinta kepada Tuhan sang pencipta dan melihat tanda-tanda kekuasaan Allah yang maha tinggi bagi mereka kaum yang berpikir. “Dan Dia telah menundukan untukmu apa yang di langit dan apa yang di bumi semuanya, (sebagai rahmat) dari padanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda tanda ( kekuasaan Allah) bagi kaum yang berfikir”. (Al-Quran Surah Al-Jathiyah: 13)

Dalam beberapa buku banyak ditemukan hasil olah pikir para pencinta Tuhan yang mengungkap realitas penemuan kecerdasan hati untuk dapat menerima tanda-tanda yang disampaikan Allah melalui mahluknya, pesan taqwa dan iman yang diberikan kepada Nabi Muhammad  SAW itupun disampaikan Allah melalui mahluk nya yang bernama Jibril, hal ini telah menjadi tanda bahwa pesan-pesan keTuhanan itu disampaikan oleh Nya melalui mahluk yang di ciptakan.

sunrise
Demi waktu cahaya merah menjelang tua

HASRAT
Pengarang : Tidak diketahui

Demi waktu cahaya merah menjelang tua
Dan hujan yang membasahi sebagian bumi

Oh perempuan…..,
kau menggetarkanku
Engkaulah kesolehan zaman
Penggubah prosa gersang menjadi perindu

Aku sungguh melihat
Sang pengobat yang terlihat lelah itu menyentuhku
Menyentuhku…..!
Ketika ia berjalan dengan cahaya menuju Tuhan-Nya

#Tjitalahab 271017

Sang Sahabat
Pengarang : Tidak diketahui

Cerita pendek sang sahabat
Meledakkan benteng dimana Tuhan bersembunyi
lalu merapuhkanku…

Terimakasih untukmu disuatu waktu
Disebuah sudut sempit yang aku pun tak tahu
Hanya engkau dan sahabatku

#Tjipoetri 031117

zanti rosa arafah wisata di bogor

Pengantar pesan
Pengarang : Tidak diketahui

Mereka hanyalah penghantar pesan
Laksana Jibril pada Muhammad
Dan pena ditangan Al-Ghazali

Pesan pembangkit cinta
Hanya kepada Nya
dan Karena Nya

#Tjipadjoeng 181117

Pada suatu ketika, Al Ghazali  meninggalkan seluruh pencapaian prestisiusnya lalu memilih mengembara ke Damaskus,  menyendiri dan beriktikaf di menara barat masjid Jami Ummayah, sebentar saja Al-Ghazali bercinta dengan Tuhan Nya, lalu melanjutkan perjalanan ke Baitul Maqdis, mengunjungi maqam Nabi Ibrahim AS. dalam syairnya  Imam Al-Ghazali bersenandung;

Aku Pernah tinggalkan Laela dan Su’ada sendiri ditempat terasing.
Aku kini pulang, membenahi rumahku yang awal.
Kerinduan demi kerinduan memnggilku.
Oh, pelan-pelan saja tuan.
Inilah rumah-rumah orang yang engkau cinta.
Aku singgah….

– Al Ghazali –

Partikel terkecil yang energinya melebihi atomos  (the energy of Zarah) itu adalah hati, hati yang dapat menerima cahaya Tuhan, cahaya kebenaran dan cahaya kasih sayang-Nya. Hati yang mampu menerima cahaya hukum dan ketetapan-Nya menjadi jalan hidup yang di ekpresikan dengan taqwa – Kiade –

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Itulah liburanku bersama Zarah, berwisata bersama partikel terkecil. Hubungi HOTLINE kami jika anda akan berlibur di Halimun.

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.