Halimun Adventure Journey dalam edisi sang Macan dan Monyet Imaginer

Zanti Rosa Arofah

Tim penyisir pastinya akan berada dibelakang rombongan untuk memastikan pergerakan tak terkendala, memastikan perlengkapan dalam perjalanan belantara Halimun sudah sesuai dengan rencana dan memastikan semua unit terisi bahan bakar, karena ditengah hutan Halimun tak ada stasiun pengisian bahan bakar.

Usai pengecekan dan dinyatakan sempurna, maka rombongan bergerak melintas jalanan berbatu yang setengahnya Enclave perkebunan Nirmala Agung yang purwa. Dan seperti biasanya, Haidar Riza sang pemburu cahaya atau photograper di temani oleh orang baduy jadi-jadian (wo-Oca) akan berada digaris terdepan, lalu ketengah selanjutnya kebelakang dan begitu terus polanya dalam mengambil sudut-sudut terbaik membisukan momen dalam file-file IMG. Dipastikan pada saat keberangkatan sang potograper akan berada terdepan lalu membidik di sudut yang kamipun tidak tahu.

Ade Zaenal Mutaqin
Tetap salam Wisata Ramah

Ngeeeeeng….! rombonganpun bergerak, aku sebagai tim penyisir yang ditemani seorang paramedis dan dua lainnya harus memastikan kendaraan terakhir bergerak tanpa kendala. Dan sesuai (katanya) Standar operating procedure alias ES-O-PE (heem SOP ; gaya pencitraan dalam tulisan ini), kamipun harus memastikan kesiapan perlengkapan perjalanan team penyisir oleh…… yah kami berempat. Dalam catatan, ternyata unit trail Kawasaki KLX sang photograper belum tersilang dikolom gasoline. Wooow….itu artinya bahan bakar di tangki motor sang photograper pastinya tidak akan sampai ke ujung hutan.

Plan A pun berubah menjadi plan B. Paramedic dan penyisir di bagi dua, aku dan seorang paramedis kebagian bertugas untuk menyusul motor sang potograper guna mensuply bahan bakar. Berkendara dijalanan berbatu sungguh membuat badan bergoncang dan menggoncangkan jiwa. Kendaraan konvoi pertamapun berhasil terlewati, kedua, ketiga, ke empat pun sama, kami terus memacu gas untuk dapat menyusul sang potograper yang entah sudah berada dimana.

eg ekowisata indonesia dan wisata edukasi di taman nasional
Ilustrasi kebingungan karena mobil mogok

Setelah 15 menit melaju dengan meninggalkan iringan konvoi, terlihat kawasaki KLX yang dikendarai Haidar Reza berada di pinggiran hutan, terlihat pula sang potograper berada disebuah belokan di tanah menyerupai bukit, sepertinya ia sedang mempersiapkan senjata pembidik cahaya nya. Nah, terlihat pula wo oca agak kebingungan dan tentunya kami sudah tahu jawabnya…

….singkat cerita, kamipun mencoba mengambil bensin untuk motor mogok di tangki motor yang kami kendarai, Dasar…..! karena motor pinjaman, slang pengeluaran bensin untuk meyedot tak ditemukan…, tak berselang lama, Rezeh yang sedikit mengenal dunia engine turut membantu, lama dia berkutat mencari slang pengeluaran, tak berhasil pula ditemukan yanbg sampai akhirnya dari jauh sayup sayup kendaraan konvoi pun semakin mendekat.

“Alamak…..! jika ketahuan mogok karena unit tak di isi bensin, pastinya akan runyam keadaan”, ujar Zanti Rosa Arafah sang paramedis, ceritapun dikarang untuk mensiasati malu karena ketidak sempurnaan persiapan perjalanan.

trekking ekowisata indonesia dan wisata edukasi di taman nasional halimun
Ilustrasi kesibukan mencari monyet besar berekor panjang

Kendaraan konvoi semakin mendekat, pas mendekat, aku berlari ke hutan,  dengan kepala menoleh kiri atas dan kanan, seolah mencari sesutu di ujung pepohonan di rimbunnya Halimun, begitupun yang lainnya, pandangan mereka terlihat memburu diantara pepohonan di rimba dengan tajuk yang rapat.

Seseorang dalam kawanan konvoi menyapa, tepatnya berteriak : ada apa ?
Aku menjawab : ada monyet besar berekor panjang
Dari sebelah jalan wo oca pun berteriak : itu macan nya…..!
heeem team yang tidak kompak pikirku !

Sesungguhnya monyet dan macan itu tidak ada, monyet dan macan hanyalah mahluk imaginer untuk menutup malu kita karena motor mogok… wasalam

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

“Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam gugusan pegunungan Hutan Halimun guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa” Jika anda berencana melakukan wisata petualangan, silahkan hubungi HOTLINE di +62 857-8000-2200. Get your Adventure, Cool !

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.