Wisata petualangan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Zanti Rosa Arofah

Pengamatan Biodiversity dalam Wisata petualangan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Kekayaan biodiversity kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dapat dinikmati dengan melakukan perjalanan wisata petualangan dengan melintas jalur interpretasi dan jalur-jalur trekking yang sudah di siapkan oleh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango menuju beberapa destinasi alam yaitu:

  1. Puncak Pangrango ; atau pangrango Summit yang berjarak 11 km dari ata 7 jam perjalanan dari pusat informasi;
  2. Alun-alun Suryakencana ; atau Suryakencana Meadow yang berjarak 11 Km atau dapat ditempu dengan perjalanan berdurasi 6 jam
  3. Puncak Gede ; atau Gede Summit berjarak 10 km dan dapat ditempuh selama 5,5 jam perjalanan dengan jarak tempuh 10 km
  4. Kandang Badak ; atau Rhino Home dapat ditempuh dengan memakan waktu perjalanan sekitar 4 jam dengan jarak tempuh sepanjang 7 km;
  5. Air panas ; atau Hot Water Spring berjarak 5.7 km dengan durasi tempuh perjalanan trekking selama 2,5 jam.
  6. Kandang Batu berjarak 6 km atau dapat ditempuh dengan treking selama 3 jam perjalanan.
  7. Air terjun Cibeurem ; atau Cibeurem Waterfalls yang merupakan destnasi alam dengan 3 terjunan air yang eksotis dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan dari pusat informasi dengan jarak tempuh sepanjang 2,6 km
  8. Canopy Trail atau jembatan tajuk untuk melihat kekayaan biodiversiti Taman Nasional Gunung Gee Pangrango dari tajuk tegakan.
  9. Ciwalen ;  merupakan air terjun dengan ketinggian 15 meter, berjarak tempuhn 800 meter atau 25 menit trekking
  10. Telaga Biru ; atau telaga yang memiliki warna hijau berlendir yang dapat ditempuh dengan perjalanan kaki selama 30 menit atau sepanjang 1.4 km.
wisata petualangan klimanjaro di taman nasional gede pangrango cibodas
Papan selamat datang du Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Dua jalur favorit bagi rombongan pelajar yang melakukan wisata petualangan sekaligus pengamatan Biodiversitas di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah jalur trekking yang berakhir di air terjun Cibeurem. Kedua adalah jalur interpretasi yang melewati canopy trail atau jembatan Tajuk dan perjalanan petualangan ini akan berakhir di air terjun Ciwalen. Dua jalur ini dapat ditempuh dengan one day trip adventure dimulai dari pagi hari dan selesai pada sorenya.

camp wisata cibodas puncak curug
Air terjun Cibereum Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Abstraksi One Dat Trip di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Perjalanan yang memakan waktu 2-3 jam dari Jakarta menuju Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, untuk pertama kali akan disambut oleh team Wisata Halimun dan interpereter dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dimulai dengan opening, alih otoritas Ice Breaking, Grouping dan Pengenalan kegiatan dan kondisi umum di Jalur Interpretasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Pada jalur trekking menuju Curug Cibeurem dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, disepanjang perjalanannya interpereter akan memberikan pengenalan dunia tumbuhan  maupun dunia binatang yang merupakan kekayaan Hutan  tropis Taman Nasional Gunung Gede Pangrango kepada peserta wisata petualangan. Lalu sebentar saja menikmati curahan air yang terjun dari patahn bumi di Air Terjun Cibeurem, peserta kembali menelusur kawasan basah dan lembab menuju ke titik kumpul pertama yaitu di area sekitar Information Centre Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Bidang PTN Wilayah I Cianjur, Seksi PTN Wilayah I Cibodas, Resort Cibodas.

camp wisata cibodas puncak treking

Perjalanan Wisata petualangan sepanjang 2,8 km atau dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 1 s.d 1,5 jam ini akan dihadapkan pada dunia tumbuhan dan binatang yang ada disepanjang jalur yang basah dan lembab menuju Curug Cibeurem yang berada pada ketinggian 1.675 Mdpl, jalaur trekking yang memiliki suhu bervariasi antara 10 s,d 18 derajat Celcius, ditengah perjalanan peserta wisata petualangan akan di hadapkan dengan sebuah telaga biru.

Telaga biru atau hijau berlendir dan atau berwarna biru magis ini yang terkadangkala tampak berlendir hijau kecoklatan, pada saat lainnya telaga ini berwarna biru jernih magis. Perubahan warna ini dikarenakan tergantung pada pertumbuhan alga. Air telaga biru kaya akan Nutrisi (eutrophich) atau mineral yang berasal dari pertumbuhan bahan organis dan batuan serta tanah vulkanis yang terlarutkan.

camp wisata cibodas puncak uph
Jembatan tajuk atau Canopy trail TNGHS

Setelah makan siang dan istirahat di titik kumpul pertama (Information Centre), peserta kembali di ajak menikmati tajuk tegakan dalam presepsi ketinggian diatas canopy trail yang membentang sepanjang 130 meter, lebar 60 cm dengan 4 pohon rasamala (Altingia Excelsa) sebagai penyangganya, Canopy trail ini memiliki ketinggian 45 meter dari permukaan tanah. Setelahnya peserta wisata petualangan akan melakukan perjalanan setapak melewati rimbunan hutan tropis menuju air terjun (Curug) Ciwalen yang memiliki ketinggian terjunan air setinggi 15 meter yang yang lokasinya dapat ditempuh antara 15-20 menit treking dari Canopy trail Ciwalen.

wisata petualangan sma tarakanita di taman nasional gede pangrango
Wisata petualangan SMA Tarakanita Serpong di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Menjelang sore hari, peserta wisata petualangan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango kembali kekendaraan yang membawa dari Jakarta ke Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, lalu pulang kembali, Sayonara.

Sebuah catatan untuk wisata petualangan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Selain wajib mengikuti semua aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Wisata Halimun memiliki prinsip-prinsip wisata ramah dalam penanganan wisatanya, dalam kegiatan  wisata petualangan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, peserta disarankan untuk membawa Thumbler air minum yang nantinya akan di isi sebelum memulai kegiatan, hal ini guna menghindari banyak nya sampah yang dihasilkan dari air mineral konvensional. Selain thumbler air minum, peserta wajibkan  untuk menggunakan alas kaki yang nyaman untuk hiking seperti sepatu gunung atau sandal gunung dengan tetap menggunakan kaus kaki tebal sebagai pelindung atau sepatu dan obat-obatan pribadi.

Baca JugaEkowisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango -TNGGP

wisata petualangan jalimun di taman nasional gede pangrango
Prinsip-prinsip Wisata Ramah harus menjadi pedoman ketika melakukan wisata petualangan di TN

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Jika sekolah dimana tempat ibu/bapak mendedikasikan ilmu dan pengetahuan merencanakan untuk mengadakan ekowisata, adventure, pengamatan biodiversity, LiveIN, dls, silahkan menghubungi HOTLINE kami untuk kegiatan di kawasan dan desa-desa di zona penyangga Taman Nasional Gunung Halimun Salak ataupun di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.