Asal usul nama Kampung Wisata di Desa Wisata Kiarasari Bogor

Tempat wisata Bogor kampung agro lansekap

Sejarah nama Kampung dan tempat Wisata di Desa Wisata Kiarasari Bogor

Sistem penamaan tempat adalah tata cara atau aturan memberikan nama tempat pada waktu tertentu yang bisa disebut dengan toponimi. Menurut Sudaryat (2009: 10) penamaan tempat atau toponimi memiliki tiga aspek, yaitu (1) aspek perwujudan; (2) aspek kemasyarakatan; dan (3) aspek kebudayaan. Ketiga aspek tersebut sangat berpengaruh terhadap cara penamaan tempat dalam kehidupan masyarakat.

Tidak dipungkiri bahwa masyarakat Sunda tempo dulu telah menamai sebuah tempat dengan kearifan lokalnya yang berpijak pada 3 aspek tersebut diatas. Penamaan tempat sebagian besar di ambil dari aspek perwujudan dan dari keadaan dan situasi sosial budaya masyarakat yang ada pada saat penamaan kampung atau tempat, seperti terjadinya suatu kejadian besar dan selalu di ingat oleh penduduknya. Di Desa Wisata Kiarasari pun penamaan kampung dan tempat lahir dari situasi seperti tersebut diatas. dibawah ini adalah tempat dan nama kampung yang ada di Desa Wisata Kiarasari Bogor.

Kampung Wisata Agro Cibuluh ; Nama Cibuluh sendiri berarti pancuran, berasal dari dua suku kata yaitu yaitu CI yang berarti Air atau Cai dalam padanan sunda dan buluh nama lain dari Bambu (Bambusoideae). Konon menurut cerita, dinamakan Cibuluh itu dikarenakan untuk pertama kalinya masyarakat setempat mengawali pembukaan kampung ini dengan membuat saluran air atau pancuran dari Bambu atau awi buluh, (sumber Bung Zak)

wisata alam di bogor keren

Kampung Cirewed ;  atau sebagian menyebut nya Cerewed (hurup I pada konsonan pertama di ganti dengan E pepet). Beberapa kali kampung Cirewed telah berganti nama dengan nama Kampung Cikumpay dan Babakan Cikumpay, namun pada akhirnya nama kampung Cirewed ini lebih populer dan dapat bertahan sampai saat ini. Dari informasi yang didapatkan, konon kampung ini menjadi sengketa batas administratif antara Lewiliang dengan Jasinga yang masing wilayah menganggap bahwa kampung Cirewet ini masuk pada wilayah administrasi Lewiliang atau Jasinga. Akibat hal ini. lokasi yang sekarang bernama kampung Cirewed menjadi jadi PANYEREWEDAN atau arti dalam bahasa Indonesia itu Perdebatan. Batas alam kampun Cirewed yang disepakati adalah sungai Cisangku yang bernuara ke sungai Cidurian. Secara sejarah, pada jaman DI/TII warga Kampung Cirewed mengungsi ke Cipeundeuy yang akhirnya Cirewed masuk wilayah administrasi Jasinga yang saat itu masih berada di Desa Kiarapandak sebelum dimekarkan di tahun1978 menjadi Desa Kiarasari.(sumber Bung Zak)

Panaragan ; asal kata dari panah maruragan atau anak panah yang jatuh di tempat tersebut. Nama tempat ini konon ada sejak terjadinya serangan dari pasukan kesultanan Banten ke Kerajaan pakuan Pajajaran, ribuan anak panah menghujani Bogor, maka dinamailah tempat tersebut dengan Panaragan. (sumber Bung Zak)

Artikel ini akan terus berkembang seiring penggalian data sejarah tentang asal usul nama Tempat di Desa Wisata Kiarasari Bogor yang sebagian berada dalam Pegunungan Halimun.

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Ingin berwisata di Desa Wisata Kiarasari yang merupakan Kawasan Wisata Agro terluas di Jawa Barat, Hubungi HOTLINE kami atau langsung hubungi ONLINE CHAT disebelah kanan bawah Halaman ini.

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata