Hari Batik Nasional; Tenun dan Batik baduy menjadi Identitas Pariwisata Banten

tenun dan Batik baduy wisata banten

Selamat Hari Batik Nasional

Orang Baduy yang tinggal di pegunungan Halimun masih memegang teguh tradisi yang diwariskan oleh lelehurnya. cara berhuma, memperlakukan alam, dan memperlakukan sesama telah menjadi sebuah keyakinan, hal ini tergambar dari nilai tradisi dan budaya mereka sehari-hari. Cara berbusana memiliki khasnya sendiri, setiap helai baju yang dirajut itu dipercaya mengandung fungsi dan makna-makna simbolis yang berhubungan dengan tradisi dan kepercayaan orang Baduy, ini telah melahirkan identitas yang melambangkan eksistensi orang baduy dalam cara berpakaian. Aktivitas membuat kain dengan cara ditenun telah menjadi symbol perjalanan budaya yang tak lekang dimakan jaman.

paket wisata banten suku baduy anak puunTenun Baduy tampak sederhana, namun reka hias dan kerajinan tangan tenun orang Baduy ini merupakan karya cipta rasa yang tinggi. Tenun Baduy memiliki arti lain daripada hanya sekedar kebutuhan fungsional. Bentuk dan corak keindahan dalam selembar kain itu tidak semata-mata bertalian dengan pemenuhan keindahan saja, melainkan terkait secara menyeluruh dengan kebudayaan dan ciri khas pemangku-nya. Betapapun sederhananya bentuk, bahan, pola hias, dan teknik pembuatannya, tenun Baduy merupakan benda budaya perwujudan dari nilai-nilai tradisi, adat istiadat, sejarah, dan kekayaan alam yang merupakan cerminan dari budaya dan berperilaku masyarakat Baduy.

Batik Baduy sudah menjadi Ikon Pariwisata Lebak Banten

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. sumber: Wikipedia. Pada tanggal 2 Oktober inilah oleh bangsa Indonesia dijadikan sebagai hari batik Nasional.

paket wisata banten suku baduy WH

Batik Baduy adalah cerminan dari kesederhanaan, keunikan dan nilai karya seni budaya yang lahir dari kearifan lokal masyarakat yang mendiami gunung Kendeng di pegunungan Halimun Utara, Batik Baduy memiliki corak kreweng terwengkal serta menggunakan warna dasar yang sederhana yaitu biru tua dan hitam. Batik Baduy kebanyakan dikenakan sebagai ikat kepala.

Yang menjadi ciri khas dan identitas batik Baduy adalah warna hitam dan biru terang yang mendominasi setiap helai kainnya, warna tersebut memiliki makna sebagai bentuk kecinta masyarakat Baduy kepada alam. Belakangan ini warna-warna lainnya menambah ragam motif batik Baduy. Motif Tapak Kebo, Motif Merak, Motif Keong, Motif Sabodo Akang, belimbing, dayang sumbi dan masih banyak lagi motif lainnya memcerminkan tentang alam dan kehidupan mereka yang sebagian besar adalah bercocok tanam.

Motif Batik Baduy pada akhirnya menjadi kiblat inspirasi dari kelahiran motif-motif batik di wilayah Banten. Motif batik yang bercampur dengan adat pun budaya masyarakat Banten merupakan hasil, ekpresi, explorasi dan pengembangan dari motif Baduy. Dengan ciri khas warna dasar abu-abu lembut serta menggunakan motif artefak kreweng terwengkal seperti kepunyaan Baduy memperkuat bahwa Baduy telah menginspirasi batik Banten.

Saat ini, tenun dan batik Baduy telah menjadi salah satu ikon pariwisata Lebak Banten, tenun dan batik Baduy yang terlahir dari kedalaman berpikir dengan kesederhaan bertindak telah menjadi citra positip keagungan budaya yang berpijak pada nilai-nilai kearifan lokal, menjungjung tinggi alam dan warisan leluhur, Selamat hari batik Nasional. 02 Oktober 2017

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Akan lebih bermakna ketika anda memiliki sehelai kain tenun dan batik baduy langsung dari tangan-tangan pemegang tradisi, Kami dapat menghantarkan anda untuk berinteraksi dengan pemegang helaian motif artefak kreweng terwengkal di kanekes. Hubungi HOTLINE kami jika anda berniat.

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published.