Inilah 3 info wisata di Bogor yang dapat menginsiprasi di tahun 2017

info wisata dan paket wisata di Bogor

Info wisata – Pariwisata alternatif yang mengutamakan nilai-nilai alam, sosial dan nilai-nilai masyarakat dalam interaksinya di tenggarai akan banyak diminati di tahun 2017,  pariwisata ini secara khusus menawarkan pelayanan keramahtamahan dan fitur-fitur yang diberikan oleh masyarakat ataupun komunitas lokal dalam sebuah obyek dengan daya tarik wisata (ODTW) kepada wisatawan yang berkunjung, hadir guna meminimaliir dampak negatif perkembangan pariwisata massal atau pariwisata berskala besar yang menjadi ancaman terhadap komersialisasi alam dan budaya yang tidak selaras dengan upaya menjaga keaslian dan kelestariannya., “Pariwisata alternatif merupakan suatu bentuk produk pariwisata yang mepertimbangkan bahkan menuntut lebih akrab lingkungan dan tidak merusak budaya” Middleton (1998)

Salah satu pariwisata alternatif adalah Desa Wisata yang mengutamakan aspek alam yang eksotis dengan penanganan ramah lingkungan, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan. lainnya adalah Taman Nasional, mendaki ke pegunungan, dls. Variasi pariwisata alternatif  dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu :

  1. Pariwisata Adventure,  Merupakan suatu kegiatan yang bernuansa petualangan. Petualangan dalam skala kecil dapat terdiri dari bird watching, treking, jelajah hutan, camping, dls. Dalam skala menengah terdiri dari kegiatan yang bernuansa olahraga seperi canoing, climbing dan rafting sedangkan dalam skala besar kegiatan petualangan seperti taman safari, contoh kegiatan pariwisata adventure adalah Halimun Adventure Journey
  2. Pariwisata Alam, Merupakan kegiatan pariwisata alternatif yang menfokuskan diri pada studi dan observasi yang berkaitan dengan flora dan fauna serta kegiatan landscape. Contoh kegiatan pariwisata alam ini adalah Halimun Wildlife and Nature
  3. Community Tourism atau pariwisata kerakyatan merupakan suatu kegiatan pariwisata yang dijalankan oleh masyarakat dengan beragam aktivitas masyarakat di suatu wilayah, selama wisatawan mengikuti kegiatan pariwisata yang berkonsep “Community tourism” ini, perencanaan, penanganan sampai evaluasi kegiatan pariwisata sepenuhnya dilakukan oleh pelaku masyarakat. contoh kegiatannya adalah Halimun Lembur Experience
Baca juga : Desa Wisata Malasari, the Heart of Halimun

Tempat wisata alam di Bogor Jawa Barat

Akan anda temukan lansekap alam di Bogor yang mempesona dan sejuk sebagai tempat pariwisata alternatif, kebanyakannya lokasi ini berada di kawasan Taman Nasional, Perum Perhutani dan di pedesaan-pedesaan yang berhawa sejuk.

  1. Gunung Pancar, karena Gunung Pancar merupakan bumi perkemahan, pengunjung yang datang biasanya berkemah / camping dengan segala aktivitas camping seperti api unggun, berhammock dls. Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan ketika berwisata di Gunung Pancar adalah duduk-duduk di hamparan bebatuan raksasa yang mudah ditemukan di sepanjang perjalanan, treking hutan pinus, berfoto dan berwisata air ke leuwi Hejo, di Lewui Hejo pengunjung akan dimanjakan dengan sebuah kolam alami yang airnya terlihat kehijauan atau kebiruan, berdinding tebing dan berhias air terjun.
  2. Hutan Pinus Catang Malang, Hutan yang dikelilingi oleh pohon pinus dengan panorama begitu indah serta berhawa sejuk, dan pada saat-saat tertentu sering diselimuti kabut. Di Hutan Pinus Catang Malang ini terdapat 3 buah air terjun sebagai obyek berwisata air , yaitu Curug Cidulang, Ciherang 1, dan Ciherang 2.  kawasan yang berhawa sejuk ini berada di Desa Wargajaya dan Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur Bogor.
  3. Kampung Budaya Sindang Barang, Disini wisatawan dapat melihat rumah adat sunda yang di desain dalam tata ruang sebuah kawasan kampung adat / budaya buatan tanpa meninggalkan jejak keasliannya. Walaupun sudah banyak yang sudah dipoles dengan gaya terbarukan, namun kampung Budaya Sindang Barang sama sekali tidak melucuti budaya asli Sunda. Ketika anda berkunjung, sejak pertama masuk kawasan kampung budaya buatan ini, anda akan disambut sama sekelompok ibu-ibu berpakaian hitam yang memainkan angklung gubrak, alunan nada dari seperangkat alat musik tradisional ini akan membawa imajinasi wisatawan pada masa lampau dalam  suasana kampung adat / budaya.
  4. Situ Gede, sebuah tempat pariwisata alam yang berbentuk danau besar di tepi hutan Dramaga yang letaknya tidak jauh dari kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) dapat memberikan suasana alam di tengah keramaian kota dengan pemandangan hijau. Di situ gede, tak jarang akan terlihat orang-orang sekitar wialayah IPB sedang memancing atau beberapa artis sedang shoting sebuah fim di sudut-susut situ Gede. tidak jauh dari lokasi Danau Situ Gede terdapat kawasan hutan yang dijadikan tempat penelitian Kementerian Kehutanan Republik Indonesia
  5. Desa Wisata Malasari, Berada di Bogor barat yang sebagian besarnya adalah kawasan Taman Nasional Gunung Halimun, Desa Wisata Malasari memiliki terasering yang indahnya laksana terasering di Bali serta perkebunan teh Nirmala dengan lansekap alam sama cantiknya dengan perkebunan teh Gunung mas yang berada di kawasan pariwisata Puncak Bogor.

Tempat pariwisata alternatif lainnya yang memiliki pesona alam yang indah dengan kesejukan pegunungan antara lain Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol, Mendaki ke Gunung Gede Pangrango, berpetualangan ke kawah ratu Gunung Salak, Penangkaran Rusa Cariu, Gua Gundalang, Curug tujuh Cilember, Gunung Kencana, Curug Naga, dls.

Agen tour and travel Jakarta dan Bogor

Untuk berwisata ke ODTW guna menikmati pesona Indonesia dari sudut sudut keindahan Bogor, anda bisa langsung mengunjungi lokasi Obyek dengan Daya Tarik Wisata (ODTW) yang menjadi minat, karena hampir disetiap Obyek Wisata terdapat operator tour yang memberikan layanan pariwisata nya, kalaupun tidak ada operator di obyek tersebut, pastinya ada petugas penjaga tiket masuk. Agar lebih berkesan, baiknya anda menggunakan perusahaan jasa pariwisata lokal seperti jika anda berwisata di Desa Wisata Malasari anda dapat memakai jasa tour yang di punyai oleh Pemerintah Desa Malasari yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Malasari yaitu Pesona Malasari.

Beberapa perusahaan tour yang aktivitas penanganan pariwisatanya di kawasan Bogor lainnya adalah, PT. Highland Indonesia yang khusus membidangi aktivitas parwisata petualangan (div.Highland Andventure) dan camping (div. Highland camp) di kawasan pariwisata Puncak Bogor, lainnya adalah Wisata Halimun yang menangani pariwisata minat khusus dan camping di Taman Nasional Halimun. Sementara untuk melakukan pendakian ke Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak, anda dapat menggunakan jasa Nanjak Adventure. Nanjak Adventure terdiri dari para pendaki yang tergabung dalam komunitas pendaki Nanjak dan Bogor.

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Paket wisata / tour di Bogor Jawa Barat

Beragam paket wisata alternatif banyak ditemukan tempat – tempat wisata Bogor yang di tawarkan oleh penyedia obyek wisata ataupun perusahaan perjalanan Jasa Pariwisata, di bawah ini adalah paket unggulan Wisata Halimun yang menjadi favorit paket wisata di Taman Nasional Halimun.

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata