Pesona Air Terjun di Desa Wisata Ciasihan

Tempat wisata Bogor kampung agro terjun

Pesona Curug di tebingan Gunung Salak

Air terjun atau Curug merupakan formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian yang membentuk kolam di bawahnya, Lereng tempat keberadaan air terjun atau curug terbentuk lantaran adanya patahan atau lipatan batuan yang disebabkan oleh berbagai fenomena alam. di Desa Wisata Ciasihan terdapat 10 terjunan air dengan ketinggian bervariasi yang sudah diketemukan dan di kelola sebagai obyek dengan daya tarik wisata, yaitu :

1. Curug Ciparay, berada di legok Raina, kawasan curug Ciparay memiliki tiga aliran sungai yang setiap alirannya terdapat curug, yaitu aliran sungai Cikuluwung herang, Sungai Cikelung kiruh yang merupakan saluran air dari kawah ratu dengan bebatuan berwarna kemerahan dengan air yang mengandung Belerang serta Sungai Ciparay yang yang memiliki curug utama yaitu Curug Ciparay Muara Herang dengan ketinggian lompatan air sekitar 72 meter. Diatas nya Curug Ciparay terdapat 3 titik air terjun yaitu Curug Bidadari, Curug Batu Ampar dan curug Batu Susun.
Untuk dapat memasuki curug Ciparay, wisatawan akan berjalan melewati pesawahan, perkebunan sayur mayur, hutan agroforestry dengan perjalanan dapat ditempuh sekitar 15 menit dari pos gerbang tiket dengan kemiringan trek berkisar 20 s.d 60 meter.

2. Curug Seribu merupakan tiga aliran sungai yang menyatu menjadi Curug Seribu dengan ketinggian 170 meter. Pintu masuk atraksi wisata curug seribu berada di kampung Ciputri, dari pintu masuk perjalanan sekitar 30 menit melewati hutan agroforestry dengan trek perjalanan sangat landai dengan tingkat kemiringan 20 s.d 40 derajat. Selain pintu dari Desa Ciasihan, curug Seribu dapat melewati desa Gunung Sari Gunung Salak Endah.

3. Curug Emas Pindang Gading. Curug Ciasmara Batu Bolong dan Curug Cipancur Karang Aswad dengan memiliki kekhasan nya bebatuan yang hitam pekat (aswad dalam padanan bahasa arab yang artinya Hitam). Ketiga curug ini berada dalam jalur trek yang sama namun berbeda aliran sungai. Terdekat adalah curug ciasmara Batu Bolong merupakan aliran sungai Ciasmara yang dapat deitempuh sekitar 10 menit perjalanan dari Gerbang tiket. Sementara curug Emas Pindang Gading merupakan aliran sungai Parigi yang dapat ditempuh 10 menit dari curug Ciasmara, yang air terjun yang paling ujung adalah curug Cipancur Karang Aswad dapat ditempuh 20 menit dari curug Ci Emas.

Untuk mencapai ketiga curug ini wisatawan akan melewati pesawahan, hutan kopi kopi yang sudah sejak zaman belanda dan camping ground pasir Buntung dan camping ground Legok Gede. tingkat kemiringan trek berkisar antara 20 s.d 60 derajat. Curug ini berada di kampung Ciputri

4. Curug Kiara, terletak di Legok Raina masih satu aliran sungai dengan curug Cikelung Herang, tepat berada dibawah curug Cikelung Ciherang namun berbeda pintu masuk. Untuk mencapai kesana, wisatawan melewati pintu masuk dari kampung legok Raina dengan perjalanan melewati irigasi Cikuluwung Herang yang dibangun sejak tahun 1973 oleh Pemerintah dan swasta. Untuk mencapai curug Kiara dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 45 menit dengan trek menaik dan menurun. Terdapat Curug Cukuluwung herang diatas curug Kiara dengan pintu masuk yang sama. Dari curug Kiara menuju curug Cikelewung herang dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menit mengikuti irigasi Cikelewung Herang.,

5. Curug Bidadari, Curug Batu Ampar dan Curug Batu Susun masih satu jalur perjalanan denga curug Kiara dengan aliran sungai nya sungai nya Ciparay, memiliki tempuh perjalanan sekitar 15 s.d 25 menit dari curug kiara.

Berbagai kegiatan menarik dapat dinikmati ketika berada di air terjun Desa Wisata Ciasihan seperti berenang dalam kubangan air terjun atau disungainya,  berphoto atau sebatas bersantai sambil mendengarkan suara hutan Halimun dengan simponi gemercik air yang jatuh diatas bebatuan. -the Energy of Zarah-

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Berbagai kegiatan wisata alam di Desa Wisata Ciasihan dapat nikmati dalam paket-paket wisata Halimun Adventure Journey, silahkan menghubungi HOTLINE kami untuk mendapatkan paket-paket wisata di Desa Wisata Ciasihan.

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata