9 tempat wisata di Indonesia yang unik dengan nuansa ketinggian

Tempat wisata di Indonesia yang unik dengan nuansa gunung

Tempat wisata Indonesia – Indonesia laksana Jamrud di Khatulistiwa ( Emerald in Equator), Ribuan pulau terbentang dari Sabang di Ujung Utara Nusantara sampai Merouke di bagian timur Barat Papua. Bukan karena hanya sebatas limpahan kekayaan yang terpendam dan bersembunyi di balik bumi Nusantara atau bukan pula karena sebatang tongkat kayu yang dapat tumbuh menjadi tanaman diatas tanah menghumus namun gugusan pulau berwarna hijau dengan air laut yang biru ini mampu mempesona dunia dengan keindahaan alam yang tiada tara, Pesona Indonesia telah menjadi magnet sebagai tempat wisata dunia.

Tempat wisata di Indonesia dengan pesona nuansa hijau serta tingginya puncak-puncak gunung telah menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan pencinta wisata alam dan wisata puncak Indonesia, berikut ini adalah tempat wisata guna menikmati pesona Indonesia dari puncak gunung dan ketinggian.

Puncak Jaya, Pesona Indonesia yang berselimutkan salju abadi

Puncak Jaya yang disekitarnya terdapat gletser Carstensz sebelumnya dikenal dengan sebutan Piramida Carstensz, merupakan satu dari 6 puncak di Pegunungan Jayawijaya dari rangkaian pegunungan yang membujur di Provinsi Papua. Gletser Carstensz merupakan satu-satunya Gletser tropika di Indonesia. Puncak Jaya memiliki ketinggian 4.884 Mdpl dan merupakan salah satu dari 7 puncak dunia.

Dibalik Kemegahan Piramida Carstensz, Gunung Tertinggi di Indonesia yang memiliki salju Abadi dan menjadi salah satu dari 7 puncak tertinggi dunia yang menjadi favorit para pendaki, adalah Jan Carstensz , orang yang pertama kali menemukan gunung ini pada tahun 1623 saat ia melakukan perjalanan ke Papua dengan perahu.  Fakta lain, setelah ditemukannya fosil binatang  laut di gunung tertinggi Indonesia ini mengungkap bahwa Puncak Jaya dahulunya adalah dasar laut.

Gunung Rinjani, Kemegahan tempat wisata di Lombok

Gunung Rinjani merupakan gunung dengan tata letak terbaik di Asia Tenggara,  berada di persinggungan garis pertemuan batas Wallace di mana flora fauna tipe Asia dan Australia, Gunung Rinjani yang terletak di Lombok memiliki Padang Savana Sembalun Lawang serta banyak air terjun, staklaktit Goa Susu dan Goa Payung Mas dan memiliki trek bintang lima (5) saat anda mendaki ke Gunung Rinjani.

Kemegahan Gunung Rinjani oleh Erik Prasetya (Red: sahabat penulis) diabadikan pada nama putri keduanya yaitu Kinri Rinjani Prasetya yang bermakna Bunga dari Gunung Rinjani, Menurutnya “Mahakarya panorama Rinjani dengan danau Sagara anak yang di jaga oleh Dewi Anjani merupakan gunung terindah dan termegah di Indonesia yang pernah didaki”,

Gunung Bromo, Tempat Wisata di Malang yang di sucikan

Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi, Gunung Bromo yang disucikan oleh masyarakat Suku Tengger. Dalam bahasa Sanskerta, Bromo berarti Brahma yaitu salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo yaitu  sebuah hari upacara sesembahan berupa persembahan sesajen kepada Sang Hyang Widhi di Gunung Bromo.

Gunung Bromo merupakan gunung merapi aktif dengan ketinggian 2.329 Mdpl, berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dengan empat wilayah kabupaten yang mengitarinya, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Pesona Bromo disajikan ketika mendaki untuk menikmati keindahan Negeri di atas awan yang sangat memanjakan mata atau berkuda di hamparan pasir hitam yang luas.

Gunung Kerinci, tempat wisata yang di kelilingi Hutan lebat TN Kerinci Seblat

Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, disinilah anda dapat melihat pemandangan Samudra Hindia yang tiada batas selain menikmati pemandangan ke arah kota Jambi, Bengkulu dan Padang. Gunung Kerinci merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat dengan luasan 1.484.650 hektar, berada di pegunungan bukit barisan, dimana sebagian besar taman nasional ini masuk di wilayah Propinsi Jambi.

Gunung Kerinci yang di juluki sebagai puncak Andalas merupakan salah satu gunung Indonesia yang menjadi idola para pendaki karena keindahan panorama yang alami dengan kekayaan flora dan fauna dapat di temui mulai dari dataran rendah hingga puncak Gunung Kerinci. Untuk mencapai puncak Andalas, anda dapat melewati beberapa jalur pendakian, salah satu jalur yang paling di minati dengan melewati Kersik Tuo karena merupakan ini merupakan jalur resmi selain jalur nya relatif tidak se extrem ketika melewati jalur Solok.

Kawah Ijen, satu diantara dua Danau asam terbesar di dunia selain Islandia

Salah satu fenomena alam dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Kawah Ijen adalah sebuah danau yang bersifat asam,  berada di puncak Gunung Ijen dengan ketinggian 2.443 Mdpl, Kawah Ijen memiliki kedalaman danau 200 meter dengan luas kawah mencapai 5.466 Hektar. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang merupakan danau asam terbesar di dunia.

Selain di Indonesia, Fenomena  pancaran api berwarna biru atau blue fire  terdapat pula di Islandia, eksotisme blue fire yang di hasilkan dari cairan belerang yang mengalir tiada henti di bawah kawah hanya ada dua di dunia ini telah menjadi magnet wisatawan asing untuk mengunjungi Kawah Ijen. Untuk menikmati penorama alam kawah Ijen, wisatawan harus mendaki dari pintu masuk Paltuding dengan suguhan alam yang menakjubkan ketika sinar matahari pagi yang menyinari kawah yang dipantulkan sehingga membentuk warna kemilau hijau toska dari permukaannya.

Gunung Halimun, tempat wisata di Negeri kabut

Sungguh indah kemegahan Negeri kabut yang di cipta oleh tangan Tuhan semesta alam. Petualangan wisata di Negeri kabut merupakan kegiatan yang unik dan tidak biasa. kemegahan belantara dan penomena eksotisnya merupakan hal yang sering dicari untuk dikunjungi wisatawan penikmat wisata alam dan wisata petualangan. Negeri kabut bagi sebagian orang itu adalah imaginer dan bagi sebagian orang lagi adalah mimpi untuk dapat menjelajah Negeri kabut. Namun tidak bagi sebagian orang yang pernah menelusuri Negeri kabut dalam paket wisata jelajah negeri berselimutkan kabut. Itulah Halimun yang pesona kabutnya masih menyelimuti peradaban-peradaban tua yang enggan tersentuh oleh zaman.

Hutan Halimun yang berselimutkan kabut berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Puncak Gunung Halimun memiliki ketinggian 1.925 Mdpl  dengan kaki-kakinya nya berada di Kabupaten Bogor dan Sukabumi Provinsi Jawa Barat, dan Lebak di Provinsi Banten. Untuk memasuki kawasan Halimun anda dapat melewati pintu masuk Desa Wisata Malasari Bogor Barat.

Baca : Obyek wisata Taman Nasional Gunung Halimun

Gunung Semeru, Puncak abadi para Dewa

“….Mahameru berikan damainya
Didalam beku Arcapada
Mahameru sebuah legenda tersisa
Puncak abadi para dewa…….” 
Sebait syair lagu yang menggambarkan kemegahan Puncak Gunung Semeru. Puncaknya Mahameru berada pada ketinggian 3.676 mdpl dengan kawah Jonggring Saloko yang mengkhiasinya, Gunung Semeru merupakan gunung berapi kerucut tertinggi Pulau Jawa dan tertinggi ketiga di Indonesia.

Untuk mendaki Puncak Mahameru dapat ditempuh melewati kota Malang atau Lumajang, anda akan melewati jalur awal yang landai, menyusuri lereng bukit yang didominasi oleh alang-alang,  setelahnya baru menyusuri lereng bukit yang ditumbuhi banyak edelweis. Tiba di Watu Rejeng, pemandangan sangat indah mengarah ke lembah dan bukit-bukit, ditumbuhi hutan cemara dan pinus, terkadang kepulan asap terlihat di puncak Mahameru. Tiba di Ranu Kumbolo, anda dapat mendirikan tenda menghadap danau dengan air yang bersih dan memiliki pemandangan indah, di paginya hari dapat disaksikan matahari terbit disela-sela bukit. Ranu Kumbolo berada pada ketinggian 2.400 Mdpl dengan luasan 14 ha, dari sinilah saatnya anda mulai mendaki untuk mencapai puncak abadi para Dewa

Kelimutu,  di balik pesona keindahan danau tiga warna

Dalam satu kawasan diketinggian 1.640 meter di atas permukaan laut itu, Dibalik keindahan danau tiga warna Kelimutu yang dihasilkan lewat proses vulkanis gunung api. Sejumlah ilmuwan menduga perubahan warna air Danau Kalimutu terjadi karena  pembiasan cahaya matahari, mikrobiota air, zat kimia terlarut, ganggang, dan pantulan warna dinding dan dasar danau. Di balik semua itu, Kelimutu adalah pesonanya Indonesia yang menjadi magnet wisatawan dunia untuk berkunjung ke Ende, Nusa Tenggara Timur.

Danau Toba, danau vulkanik terbesar di dunia

Terbentuk akibat satu letusan terdahsyat gunung berapi supervulkanik yaitu Gunung Toba, terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu membuat bumi pada saat itu menjadi dingin karena debu vulkanik menutupi permukaan bumi sehingga suhu di bumi berkurang hingga 10 derajat Celcius, debu vulkanik mencapai Greenland di kutub utara dan Antartika di kutub selatan.

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia dan danau terbesar Asia Tenggara dengan panjangnya mencapai 87 kilometer dan lebarnya 27 kilometer. Terdapat Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba dengan luasan 647 kilometer persegi yang setara dengan Singapura. Pulau Samosir memiliki dua buah danau di tengah-tengah pulau, itulah Danau di atas danau yang hanya ada di Medan, Sumatera Utara-Indonesia.

Jika anda ingin menikmati Pesona Indonesia dari ketinggian atau berpetualang di salah satu dari delapan puncak tertinggi Indonesia silahkan menghubungi Erik Prasetya (PT. Highland Indonesia) di Nomor +62 812-1921-2237 atau dapat mengirimkan E-mail di info@highlandindonesia.co.id, selamat berpetualang di tempat – tempat wisata Indonesia yang unik dengan nuansa ketinggian.

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata

2 thoughts on “9 tempat wisata di Indonesia yang unik dengan nuansa ketinggian

    • Ade Zaenal Mutaqin says:

      Samprasun Bang Fredy, Semoga Pariwisata Indonesia dapat berkembang dengan nilai-nilai keluhuran Budaya bangsa dan kearifan lokal masyarakat nya, dapat menjaga pesona dan kelestarian alam serta dapat memberikan dampak nyata terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar obyek dengan daya tarik wisata (ODTW).

Comments are closed.