Pesona Halimun, The Heart of Java

wisata sukabumi pemandangan kasepuhan

Maha Suci Allah yang telah menciptakan Pesona Halimun, Pesona lansekap alam yang begitu megah, berkhiaskan kabut yang menyelimutinya, keberagaman biodiversitas dari cakrawala dunia binatang dan tumbuhan yang menandakan kekayaan hayati Indonesia. Kekayaan yang terkandung dalam hutan tropis terbesar kedua setelah Brazil, Pesona Halimun menyimpan selaksa keramahan yang terlahir dari kearifan lokal masyarakat penghuni Halimun yang sudah bermukim berabad silam dalam tipisnya kabut Halimun.

Pesona Halimun

Halimun berada di ujung barat pulau Jawa dalam tiga kabupaten di provinsi Jawa Barat dan Banten yaitu Kabupaten Bogor, Lebak dan Kabupaten Sukabumi, sepenggal kata Halimun itu menunjuk pada kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak yang memiliki cakupan wilayah seluas 113.357 Hektar, Melingkup wilayah yang bergunung-gunung dengan dua puncaknya tertinggi nya Gunung Halimun (1.929 mdpl) dan Gunung Salak (2.211 mdpl) dan memiliki kandungan keanekaragaman hayati yang tertinggi di pulau Jawa.

Karya-karya peradaban manusia yang mencitrakan bahwa Halimun pada dahulu kala merupakan pusat peradaban dapat dibuktikan dengan adanya situs Cibalay yang merupakan punden berundak dengan tatanan batu datar pipih berkhiaskan menhir di kiri kanannya, situs Cibalay yang berada di tebingan barat Puncak salak-2 dan diduga berasal dari tahun 2000-3000 SM.

Ade Zaenal Mutaqin

Menuju jaman pertengahan, sebuah kampung tua yang saat ini masih berdiri dengan apik dan telah menjadi cagar budaya itu adalah Kampung Urug, berada di zona penyangga Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Konon katanya, kampung Urug itu telah berdiri sejak 450 tahun yang lalu dan merupakan pusat penelitian dan pengembangan pertanian pada masa kerajaan Padjadjaran dengan Radja nya Prabu Siliwangi.

Dibelahan lainnya pada dekade 450 tahun yang lalu dipegunungan Halimun. terdapat kasepuhan-kasepuhan yang hidup dengan aturan leluhur dan tetap bertahan hingga zaman sekarang, meyebar dalam dekapan dinginnya kabut tipis Halimun seperti kasepuhan semi nomaden Ciptagelar, kampung adat Cisungsang, masyarakat kasepuhan Citorek yang mendiami puncak pegunungan Halimun, wewengkon adat kasepuhan Cisitu yang sudah ada sejak tahun 1621 dan kasepuhan-kasepuhan lainnya dalam satuan adat kasepuhan Banten Kidul serta orang Kanekes yang lebih populer dengan sebutan Baduy yang bermukim di pegunungan Kendeng.

wisata sukabumi salam kasepuhan
Imah Gede di Kasepuhan Ciptagelar

Taman Nasional Gunung Halimun Salak adalah cakrawala nan elok, berada dalam mewah nya pegunungan di garis pelangi, Ditengah pegunungan dan hutan Halimun terdapat enclave (kantung) Nirmala Agung yang purwa, yaitu sebuah perkebunan teh warisan kolonialisme Belanda yang sampai saat ini masih terawat apik oleh oleh tangan-tangan terampil pemetik pucuk teh. Moderinitas membawa sebagian enclave Nirmala Agung menjadi rumah-rumah besar bagi Bunga Roses yang warna warninya memanjakan mata. -the Energy of Zarah-

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Joint With Pesona Halimun at HOTLINE 

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.