Pendaki ku sayang, pendaki ku Malang

Puncak Mahameru Gunung Semeru

Oleh : Erik Prasetya

Taman Nasional yang memiliki jalur pendakian harus memiliki kesiapan untuk mengelola wisata pedakian dengan banyak faktor, salah satunya adalah kewajiban transformasi pengetahuan kepada calon para pendaki yang berniat untuk melakukan pendakian didalam suatu kawasan yang berada dalam kewenangan Taman Nasional untuk mewajibkan kepada calon pendaki yang akan melakukan pendakian guna mengikuti pelatihan tentang pengetahuan dasar atas gunung yang akan ditempuh, pengetahuan dasar sebuah gunung meliputi sebaran potensi air rute jalur pendakian beserta aturan yang sudah menjadi adat lokalitas masyarakat sekitar.

Gunung Rinjani-Pendaki sayang pendakiku malang
Pendakian Gunung Rinjani 2013

Transformasi pengetahuan yang selayaknya di fasilitasi oleh Taman Nasional berupa memberikan pelatihan singkat tentang antisipasi dan penanganan pada persoalan–persoalan yang pendakian yang terlahir dari ketidak siapan seorang pendaki, kecerobohan dan kepercayaan diri yang berlebih. Kesiapan seorang pendaki secara mental, emosional dan pengetahuan tentang pendakian menjadi alasan kebijakan Taman Nasional untuk memberikan Simaksi (surat izin masuk kawasan konservasi).

Transpormasi pengetahuan atas aturan adat yang dimiliki oleh masyarakat disekitar kawasan meliputi perlengkapan pendakian, waktu-waktu aman pendakian serta larangan-larangan yang di yakini dan dianut oleh masyarakat sekitar gunung namun tidak tertulis dalam sebuah aturan hukum positif.

Seyogyanyalah para pendaki menyadari ”bahwa setiap momen pendakian itu akan berbeda walaupun dijalur gunung yang sama”, perbedaan ini dikarenakan kondisi alam, suasana kebatinan pendaki dan kesiapan pendakian itu sendiri. Sebagian banyak pendaki tidak menyadari bahwa kebutuhan akan eksxistensi untuk dianggap hebat oleh komunitas dan sosial seorang pendaki terhadap gunung merupakan faktor utama persoalan keselamatan pendaki dan kerusakan gunung. pun para pendaki itu meyajini bahwa ia pulang dan berangkat harus dengan selamat, juga pendaki hanya boleh meninggalkan jejak dan mengambil photo pada saat pendakian. –keep figh and survive-

Gunung Semeru-Pendaki sayang pendakiku malang
Berangkat dan pulang dengan selamat

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata

One thought on “Pendaki ku sayang, pendaki ku Malang

  1. Nahwa Travelindo says:

    Travel Malang Juanda dan Travel Malang Surabaya merupakan salah satu alternatif untuk perjalanan anda yang cepat dan nyaman selain menggunakan transportasi angkutan umum lain seperti Bus, Kereta, dan Taksi. Menggunakan jasa travel memang sangat mudah dan cepat dengan pemesanan via Online atau Telpon langsung anda tidak perlu repot datang ke kantor untuk melakukan pemesanan. Selain hal tersebut menggunakan jasa travel malang juanda dan travel malang surabaya juga lebih simple dan nyaman karena sistem kami yaitu DOOR TO DOOR sehingga anda tidak perlu juga datang ke kantor kami karena driver kami dengan ramah akan menjemput anda di alamat dan mengantar sampai alamat tujuan.

    Kami hadir untuk memenuhi kebutuhan perjalanan anda baik itu dari malang ke juanda, batu ke juanda, malang ke surabaya, batu ke surabaya PP dengan harga yang terjangkau, terpercaya dan tepat waktu. Untuk pemesanan dan konsultasi bisa langsung hubungi kami.

    Untuk pemesanan silahkan menghubungi: (Telpon untuk fast respon)

    (Customer Service : +6285.369.19.9944)
    (Customer Service : +62856-555-00862)
    (BBM : 56B4605E)
    (WhatsApp : +6285.369.919.994)
    (Line : 085.369.919.994)

    Website : http://traveljuandamalang.net/

Comments are closed.