Gerbang digital pariwisata indonesia
logo pustaka indonesia

LOGO PUSTAKA INDONESIA
UMUM

Logo Pustaka Indonesia adalah identitas Gerbang Digital Pariwisata Indonesia, digunakan pada setiap kegiatan pemasaran, promosi pariwisata, dan pada dokumen resmi seperti kartu nama, kop surat, amplop, buku, bagde seragam dan lainnya. Logo Pustaka Indonesia memiliki aturan penggunaan logo yang telah ditentukan oleh perkumpulan Gerbang Digital Pariwisata Indonesia dan menjadi acuan dalam melakukan pemasaran dan promosi pariwisata didalam maupun diluar negeri dan pada dokumen resmi.

Bentuk dan Warna logo Pustaka Indonesia

Bentuk dasar (Basic Shape) logo Pustaka Indonesia adalah gulungan surat atau naskah kuno pada peradaban masa lampau dengan hurup (i) yang mensimbolkan/menyiratkan informasi. Pada zamannya, gulungan yang ditulis, digambar atau dilukis pada tumbuhan papirus/papyrus (Cyperus papyrus) atau kulit binatang memiliki tujuan untuk dekorasi dan atau untuk melestarikan ilmu pengetahuan, dan atau untuk menyampaikan informasi. 

Dengan hal ini, gulungan yang menjadi simbol  Pustaka Indonesia merupakan perlambang atas himpunan pengetahuan (baik berupa narasi, deskripsi, paparan, penjelasan, dls maupun bentuk visual seperti photo dan video) atas informasi industri pariwisata Indonesia. Dan, jika dilihat pada tataran konseptual maka “Pustaka Puncak sebagai sarana sekaligus himpunan pengetahuan bersama untuk praktik-praktik berpengetahuan dalam kepariwisataan”

Kata yang merujuk kepada Indonesia dan nama-nama kawasan pariwisata, kabupaten dan kota di Indonesia yang ditempatkan di kanan logo bawah (primary) menggunakan font AcariSans, warna Green #4eb963, CMYK 63:9:0:0 dan RGB 68:182:233. Adapun kata PUSTAKA menggunakan font Hamlet dengan komposisi warna Light Blue #231f20 CMYK 69:0:83:0 dan RGB 78:185:99. Sementara warna-warna elemen bentuk dasar logo menggunakan komposisi warna hurup dengan posisi pewarnaan yang dibalik.

logo pustaka indonesia
logo pustaka indonesia

Falsafah Logo Pustaka Indonesia

Gulungan naskah / surat Kuno
– Melambangkan Ilmu dan Pengetahuan
– Melambangkan informasi dan komunikasi
– Hurup (i) melambangkan teknologi  informasi (TI) dan sistem informasi (SI)

Warna hijau pada logo
– Melambangkan alam Indonesia, lingkungan dan situasi yang alami. (nature)
– Perlambang Wisata Ramah dan keselarasan
– Perlambang kesejukan dan kebangkitan.

Warna biru muda pada logo
– perlambang universalitas dan konsistensi
– Melambangkan perkumpulan berbasis teknologi
– Perlambang perasaan tenang, bebas dan imajinatif

Logo Design dan Branding
– Yayank Gunawan
– Samebond Studio

Sekilas tentang Pustaka Indonesia dalam Gerbang Digital Pariwisata berbasis lokalitas

Gerbang Digital Pariwisata Indonesia merupakan sistem informasi, di mana setiap orang dapat berinteraksi dengan teknologi dan mendukung proses pemasaran dan promosi pariwisata Indonesia. Sistem Informasi yang dimaksud tidak hanya sebatas merujuk pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi semata, tetapi juga cara dimana para penggiat dan pegiat pariwisata dapat berinteraksi dengan teknologi, membangun jejejaring sosial dan bisnis dalam mendukung proses dan aktivitas kepariwisataan dengan identitas penciri adalah Pustaka Indonesia yang mewadahi Pustaka wilayah kabupaten, kotamadya dan kawasan pariwisata di Indonesia.

Pustaka Indonesia adalah himpunan dari entitas industri pariwisata dalam ekosistem digital kewilayahan sehingga membentuk sebuah lanskap informasi digital untuk pemasaran dan promosi pariwisata Indonesia, terdiri dari gerbang digital pariwisata lokal yang ada pada setiap kawasan pariwisata, kabupaten maupun kota di Indonesia.

One thought on “Logo Pustaka Indonesia | Gerbang Digital Pariwisata Indonesia 4.0

Leave a Reply

Your email address will not be published.