Birdwatching atau birding merupakan kegiatan pengamatan terhadap spesies burung liar dengan mata telanjang ataupun melalui perangkat tambahan visual seperti teropong binokular atau monokular pun dengan mendengarkan suaranya, Birdwatching dilakukan di alam bebas dan orang yang melakukan pengamatan burung disebut sebagai Birdwatcher. Pengamatan burung pada awalnya kental dengan misi ilmiah yang selanjutnya berkembang menjadi hobi yang menyenangkan dan akhirnya masuk pada ranah rekreasi. Kegiatan jenis ini termasuk pada wisata minat khusus yang memberikan mampaat pro lingkungan dan edukasi.

RINGKASAN EKSKLUSIF dan ABSTRAKSI

“  … Birdwatching adalah kegiatan scientific yang paling sportif, dan sebaliknya juga, Birdwatching merupakan kegiatan sport yang paling scientific…”
– Bas van Balen –

URAIAN

NOMOR PAKET:BW-SP.17
JENIS:Ekowisata
DURASI:Disesuaikan
DESTINASI:Hutan Halimun Desa Wisata Malasari
AKOMODASI:Homestay Citalahab dan kampung Ciwalen
MAKSIMAL PAX:10 orang
INVESTASI:Hubungi kami di +62 857-8000-2200

ABSTRAKSI

Dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak tercatat 244 spesies burung, 27 spesies di antaranya adalah jenis endemik Pulau Jawa yang memiliki daerah sebaran terbatas, dari antaranya terdapat 23 spesies burung migran. Spesies yang dilindungi dalam kawasan ini diantaranya adalah Elang Jawa (Spizaetus bartelsi), luntur jawa (Apalharpactes reinwardtii), ciung-mungkal jawa (Cochoa azurea), celepuk jawa (Otus angelinae), dan gelatik jawa (Padda oryzivora).

Binoculars peralatan birdwatching di Taman Nasional
Binoculars salah satu peralatan birdwatching

Birdwatching idealnya dilakukan pada pagi hari berkisar antara pukul 05.00 – 10.00 dan atau sore hari antara pukul 15.00 – 18.00. Hal itu di karenakan burung-burung liar yang mendiami kawasan hutan Halimun akan lebih aktif beraktifitas dan menyebar diantara pepohonan dan tajuk tegakan pada jam-jam tersebut. Pada pagi hari dan sore keliaran burung di Taman Nasional Halimun akan mudah ditemukan dan diamati.

Banyak spot ideal yang menjadi tempat pengamatan burung liar di Halimun. Saat ini, kami memiliki dua skenario aktivitas Birdwatching yang di fokuskan di Desa Wisata Malasari, skenario-1. Jika menginapnya di Ciwalen, maka pengamatan akan di konsentrasikan pada spot-spot Hutan Halimun yang berada di sekitar kampung Ciwalen, dan skenario-2.  Jika menginapnya di kampung Ekowisata Citalahab atau Cikaniki maka pengamatannya akan di  lakukan pada Jalur Interpestasi atau spot-spot konsentrasi burung liar dalam kawasan Hutan di sekitar Cikaniki dan Citalahab. Adapun rencana perjalanan pada paket wisata Birdwatching ini akan disesuaikan dengan kondisi terbaik lingkungan yang sedang terjadi pada saat kegiatan berlangsung.

“Bila beruntung, elang Jawa dapat terlihat terbang mendekat mungkin ia sedang mencari mangsa atau sengaja terbang menunjukan kepada wisatawan akan kemampuannya dalam menjelajah angkasa”

TEMUKAN BURUNG-BURUNG ANDA

KEGIATAN BIRDWATCHING

BURUNG KACAMATA

BURUNG CIUL

BURUNG UDANG

BURUNG ELANG JAWA

BURUNG ELANG JAWA

BURUNG SRIGUNTING

BURUNG ENDEMIK

BURUNG PIPIT