Kekayaan fauna Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Bogor, Wisata Halimun – Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun salak merupakan pusat Keanekaragaman hayati hujan tropis asli yang tersisa dan terluas yang di Pulau Jawa, memiliki komposisi jenis pohon yang sangat heterogen yang menyimpan kekayaan fauna. Di ketahui terdapat 61 jenis mamalia endemik pulau Jawa yang sebagiannya di lindungi dan sudah terancam punah seperti macan tutul Jawa, kucing hutan, Owa Jawa, Surili, Lutung, Ajag atau anjing hutan, sigung dls, (kekayaan fauna tersebut dapat di nikmati dalam perjalanan paket wisata halimun wildlife and nature.)

Tidak kurang dari 244 spesies burung dan 90 jenis diantaranya adalah burung yang menetap 27 spesies di antaranya adalah jenis endemik Pulau Jawa yang memiliki daerah sebaran terbatas seperti elang jawa (Spizaetus bartelsi), luntur jawa (Apalharpactes reinwardtii), ciung-mungkal jawa (Cochoa azurea), celepuk jawa (Otus angelinae), dan gelatik jawa (Padda oryzivora). Burung elang Jawa yang identik dengan lambang Negara Indonesia banyak di jumpai di Halimun

Di kawasan ini pula bermukim setidaknya, 16 jenis katak, 12 jeniskadal, 9 jenis ular, 77 jenis kupu-kupu, dan 37 jenis mamalia kecil, beberapa di antaranya adalah kelelawar yang tergolong dalam ordo Chiroptera.

Keywords : keanekaragaman hayati, tempat wisata, paket wisata, perjalanan wisata,fauna, obyek wisata, desa wisata, wisata alam, flora, ekowisata, destinasi wisata, penginapan, taman nasional

Mamalia

Si kucing besar

Kucing besar itu biasanya sangat pemalu dan misterius. kalaupun beruntung menjumpainya maka sang macan tampak meregangkan badan, menunjukkan taringnya yang tajam dengan seringai lebar, kemudian melingkarkan badannya dengan perlahan. Selain kucing besar, di hutan Halimun akan banyak anda jumpai mamalia yang mempesona seperti kancil, surili, lutung, kijang dls.

Baca lebih lanjut

Burung

Nyayian di keheningan

Suara kicauan yang membelah keheningan hutan itu ternyata seekor burung Ciul Mungkul Jawa, ia berlindung di balik sebuah pohon rasamala besar. Burung Mungkul Ciul Jawa bersama 244 spesies burung lainnya dengan 90 jenis menjadi penghuni tetap serta 35 jenis merupakan jenis endemik pulau Jawa yang pesonanya akan menemani wisatawan setiap kali melakukan perjalanan wisata ke Halimun.

Baca lebih lanjut

Herpetofauna dan Serangga

Pesonanya luar biasa !

Herpetofauna adalah kelompok fauna yang terdiri dari reptil dan ampibi. Herpetofauna merupakan potensi keanekaragaman hayati hewani untuk dunia pariwisata. ketika anda berkunjung ke Halimun akan ditemukan jenis hewan reftil yang banyak bermukim diselasar daun-daun kering, kupu-kupu yang terbang menghias hijaunya hutan dan hewan nokturnal yang menghiasi gelapnya malam.

Baca lebih lanjut