Perancangan Brand Desa Wisata Kiarasari – Tahap Kedua

perancangan brand desa wisata

Perancangan Brand Desa Wisata Kiarasari – Tahap Kedua

Perancangan Brand Desa Wisata (20/6/17) – Pada hari Jum’at sampai Minggu, tepatnya  tanggal 19 hingga 21 Mei 2017 lalu, agenda Perancangan Brand Desa Wisata Kiarasari (Tahap Pertama) usai dirampungkan oleh tiga pilar (praktisi, akademisi dan stakeholders) dalam upaya membangun Desa Wisata Kiarasari yang apik lagi melahirkan kebermanfatan yang berkelanjutan. Maka darinya, sinergisitas tiga element tersebut, yakni Wisata Halimun selaku praktisi pariwisata yang membawa Wisata Ramah sebagai nilai dan konsep wisata sekaligus menjadi visinya, dan Universitas Mercu Buana kampus Kranggan, Jatisampurna, Bekasi melaksanakan program Bina Desa sebagai bakti kaum akademisi, beserta para stakeholder terkait, hal ini berarti pemerintah daerah dan masyarakat desa Kiarasari, harus dapat terjalin dengan baik, konsisten dan serius dalam segala bentuk kerjasama pembangunan Desa Wisata di Kiarasari.

Hal diatas diungkapkan pula oleh salah satu Sahabat Wisata Halimun,  Ade Zaenal Mutaqin atau yang kerap disapa Kiade. “Segala proses, termasuk hasil dari kegiatan yang dilakukan dalam kurun waktu satu tahun (tertanggal dari 19 Mei 2017 sampai 19 Mei 2018)  serta dilaksanakan secara bertahap tersebut, diharapkan dapat memberi sustainable spread effects untuk Indonesiaku, tentunya yang positif. Bukan hal yang mudah, namun bukan juga mustahil, bilamana segala prosesinya dapat dipahami dan dihayati oleh setiap lapisan terkait dengan keseriusan yang sungguh, Membangun Indonesiaku dari Desa dan Membangun Desa Wisata untuk Perubahan Pariwisata Indonesia adalah hal yang saya kira cukup realistis” pungkas Kiade. (19/06)

Tempat wisataBogor kampung agro team
Tempat wisata Bogor – Rumah kasepuhan Desa Kiarasari

Berlanjut pada tanggal 16 sampai 19 Mei 2017, kegiatan Perancangan Brand Desa Wisata Kiarasari (Tahap Kedua) pun telah usai dilaksanakan. Dimana segala bentuk agenda yang bersifat teknis dapat dilakukan dengan baik dan lancar oleh Wisata Halimun, Universitas Mercu Buana, serta segenap lapisan  desa Kiarasari yang terlibat. Selain perencanaan agenda yang disusun rapih dan matang, pun dukungan dari semua lapisan yang sungguh-sungguh sangat berperan penting dalam kelancaran agenda tersebut.

Pada tahap kedua ini, team perancangan brand desa wisata terfokus pada collecting data seputar adat istiadat yang masih berlaku hingga kini di tengah kehidupan masyarakat Kiarasari, terutama pola kehidupannya sebagai masyarakat agro. Karenanya, tak bisa dipungkiri bila seluruh badan yang terlibat dalam team Perancangan Brand Desa Wisata Kiarasari, semakin menghayati nilai-nilai filosofis yang dikandung oleh sahajanya kearifan masyarakat Kiarasari dalam dunia pertanian dapat memberikan sebaran manfaat yang luas bagi khalayak umum, salah satunya dalam sektor pariwisata.

Tempat wisata Bogor kampung agro kiara
Tempat wisata Bogor -pohon kiara tempat berteduh di Desa Kiarasari

Telah digaungkan secara tegas dan berani oleh Wisata Halimun, bahwa Kiarasari akan menjadi desa wisata unggulan yang berada dalam tatar hutan Halimun atau bahkan terbaik dalam urusan wisata agro (agrowisata) di tatar Jawa Barat. Dimana hal tersebut didukung oleh berbagai potensi positif yang dimiliki desa Kiarasari, baik kekayaan sumber daya alam, kualitas sumber daya manusia pun terutama teknologi dalam dunia pertanian itu sendiri yang terus dikembangkan menggunakan pendekatan kearifan masyarakat yang berlaku sejak berabad-abad silam.

Tak luput, konsep yang digadang dalam pembangunan Desa Wisata Kiarasari adalah Wisata Ramah. Tak sebatas merumuskan dan memikirkan perolehan keuntungan angka semata, namun pula memperhitungkan sebaran efek yang bersifat berkelanjutan bagi segala sudut kehidupan masyarakatnya. Maka, bukan hal mudah dalam mengusung konsep Wisata Ramah, ditambah dalam pembangunan serta pengelolaan dan pengembangannya ke depan, pun menggunakan pendekatan Community Based Tourism dan Co-Management yang harus diaplikasikan dengan baik dan benar. Selain harus memahami hal yang bersifat teknis dalam konsep Wisata Ramah, kiranya juga sangat penting untuk dapat memahami secara mendalam perihal kerangka nilai-nilai pula filosofisnya oleh semua lapisan yang terlibat guna melahirkan keberkahan atau kebermanfaatan yang berkelanjutan terhadap society, ecologies dan stakeholders itu sendiri.

Tempat wisata Bogor kampung agro peneliti
Tempat wisata Bogor – Penelitian Varietas padi lokal

Seutara dengan apa yang diungkapkan oleh salah satu tokoh pertanian desa Kiarasari, Husein. “Saat saya mendengar ada pembangunan desa wisata di desa saya (desa Kiarasari), saya  sangat senang dan sangat amat mendukung. Desa ini kaya akan potensi alamnya, maka sangat sayang bila tidak dimanfaatkan dengan baik, ditambah hal ini dapat meningkatkan kapasitas kecintaan warga Kiarasari terhadap desanya sendiri” ungkap warga kampung Cibuluh tersebut yang sekaligus Ketua Kelompok Tani Cibuluh, pun menjadi pemilik Laboratorium Padi.

“Namun yang jadi persoalan, disemogakan arah pembangunan desa wisata di Kiarasari tidak sewarna dengan Puncak, atau tempat-tempat lainnya yang dimana warga hanya menjadi buruh di tanahnya sendiri” tambah Suwandi kepada team Perancangan Brand Desa Wisata Kiarasari saat melakukan wawancara kepadanya.

Selain potensi agrowisata Kiarasari, Imah Bujang dan Sanggar Pusaka Rama pun menarik perhatian team Perancangan Brand Desa Wisata Kiarasari di tahap kedua ini. Imah Bujang di kampung Cibuluh dan Sanggar Pusaka Rama di kampung Cirarak adalah dua pusat kerajinan tangan atau galeri kriya etnik yang disinggahi oleh team perancangan brand desa wisata kiarasari tahap kedua. Kedua rumah kerajinan ini diisi oleh para pemuda Kiarasari. Beberapa hasil tangan pemuda-pemuda tersebut sempat diikutsertakan dalam pameran yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bogor, dan beberapa kali mendapat uplauses dan penghargaan yang membanggakan.

Tempat wisata Bogor kampung agro kerajinan leuit
Tempat wisata Bogor – kampung kerajinan leuit

Berdasar penuturan Jejen, salah satu penggagas Sanggar Pusaka Rama. Kegiatan yang dilakukan di tempat tersebut, bukan semata-mata untuk keperluan atau menyokong geliat pariwisata saja. Lebih dari itu, ada hal yang patut diapresiasi, yakni selain untuk menyalurkan hobinya sebagai pengrajin sejak dulu (sebelum ada gaung pariwisata), tempat kerajinan tersebut dimaksudkan untuk membangkinkan gairah kesenian di Kiarasari yang sempat lusuh, sekaligus menarik para pemuda Kiarasari terutama di kampung Cirarak untuk melakukan kegiatan yang bersifat positif. Para pengrajin di Kiarasari menggunakan bahan dari alam dan kebanyakan memanfaatkan limbah setempat untuk dijadikan bahan baku untuk membuat karyanya, seperti limbah pelepah Pinang atau yang disebut Upih, tempurung dan serabut kelapa, Lolo, Rotan cacing, Oyong, bambu, pelepah pisang dan lainnya.

“Saya lebih banyak membuat barang atau kerajinan yang memang dipakai untuk keseharian masyarakat Kiarasari, dibanding hanya untuk pajangan atau hiasan saja. Seperti ini, sorok (gelas dari bambu atau batok kelapa) dibawa oleh para petani ke sawah untuk alat minumnya” papar Jejen saat di wawancara Wisata Halimun di kediamannya yang juga merupakan rumah kerajinan Sanggar Pusaka Rama, di kampung Cirarak.

Tempat wisata Bogor kampung agro sesepuh
Tempat wisata Bogor – Salah satu padi lokal

Diharapkan dapat senada dengan konsep Desa Wisata yang digulirkan oleh Nuryanti Wiendu sejak 1993 silam. Semestinya kehadiran sektor pariwisata di desa tidak merubah pola kehidupan masyarakat setempat, apalagi harus menggeser tatanan adat istiadat yang telah tertanam sejak lama dan yang sesungguhnya banyak menyimpan nilai-nilai kearifan yang tinggi sebagai warisan para masyarakat terdahulu, hanya demi kepentingan yang dapat meningkatkan disparitas budaya.

Someah hade ka semah” merupakan salah satu bentuk nilai asli yang dimiliki oleh masyarakat desa Kiarasari. Dijunjung dan diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari. Keramah-tamahan yang natural, diberikan kepada baik sesama masyarkat desa Kiarasari ataupun kepada tamu yang singgah dari luar wilayah bukanlah penciptaan demi kepentingan wisata semata, lebih dari itu.

Tempat wisata Bogor kampung agro rumah adat
Tempat wisata Bogor – rumah adat Desa Wisata Kiarasari

“Desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku”. ( Nuryanti, Wiendu. 1993. Concept, Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press).

Ditulis oleh : Muhamad Faizal Mardiansyah

H O T L I N E

Feel the heart of Java Ecotourism

Untuk dapat menikmati serunya berwisata di gugusan Gunung Halimun Salak dalam paket Halimun Adventure Journey, Halimun Lembur Experience, ataupun Halimun Adventure Ethnic, anda dapat menghubungi HOTLINE kami atau mengirimkan surel ke info@wisatahalimun.co.id. Selamat berwisata di tempat wisata di gunung Halimun Salak dengan pesona wisata desa yang menawan. Inilah saatnya berlibur ke Desa…!

Paket Wisata

Paket wisata Halimun Adventure Journey merupakan tindakan perjalanan berpetualang dan atau kegiatan berwisata yang dilakukan dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak guna menikmati keindahan bentang alam serta atraksinya dengan segala fenomena estetika yang unik dan sifatnya menarik serta tidak biasa. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Lembur Experience adalah kegiatan wisata yang seiring mendapatkan pengetahuan dan atau keterampilan yang diperoleh dari interaksi secara langsung antara wisatawan dengan masyarakat lokal dalam sebuah peristiwa bertani, berkerajinan dan berkesenian di kampung dalam gugusan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lihat Youtube

Dapatkan paket wisata

Paket wisata Halimun Wildlife and Nature merupakan wisata petualangan guna merasakan misteri terdalam keindahan hutan Taman Nasional Halimun Salak dengan keragaman pesona flora faunanya yang liar pun lanskap alamnya . Jika beruntung, anda akan melihat elang Jawa terbang melintas batas angkasa raya atau seekor macan yang berjalan disela pepohonan.

Dapatkan paket wisata

Rampes....!, Sebuah kata bermagis menjawab sapaan salam budaya ketika anda tiba pertama kali tiba di Kasepuhan Banten Kidul yang menghadirkan perilaku adat berbalut alam yang mempesona. Dengan bermukim sebentar saja dalam paket Halimun Adventure Ethnic, anda akan melewati hari-hari berpetualang di magnetnya kerifan lokal, budaya dan alam yang memukau.

Dapatkan paket wisata

LiveIn dengan muatan Pawon Experience adalah paket turunan Halimun lembur Experience, LiveIn merupakan program wisata edukasi untuk membangkitkan kepedulian sosial dan lingkungan bagi pelajar sekolah dan mahasiswa dengan mengikuti aktivitas keseharian penduduk desa dalam kearifan lokalitasnya di kawasan lingkar gugusan Halimun

Dapatkan paket wisata

Paket Camping, Camping merupakan kegiatan rekreasi di luar ruang dan tidur menggunakan tenda dengan beragam aktivitas utamanya seperti Gathering, Outing pun Camping ceria. Dengan fasilitas yang unik dan menarik, tenda yang biasa dipasang diatas tanah, di Wisata Halimun kini di pasang diantara pepohonan hutan halimun yang populer dengan sebutan flying camp.

Dapatkan paket wisata